Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Biomekanika pada Pekerja Pemanen Kelapa Sawit dengan Egrek di PT. Perkebunan Nusantara III (Kebun Ramnbutan)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Analisis biomekanika dalam ilmu ergonomi digunakan untuk mengevaluasi tata cara kerja dengan mengukur penggunaan “energi kerja” (energi otot manusia) yang harus dikeluarkan pada saat melaksanakan aktivitas.
Biomekanika merupakan jabaran ilmu yang mempelajari gaya dan pembebanan tubuh manusia dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini sangat berhubungan dengan pekerjaan yang bersifat material handling seperti pengangkatan dan pemindahan barang secara manual atau pekerjaan lain yang dominan menggunakan otot tubuh. Pada pekerjaan dengan postur kerja yang kurang ergonomis dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat mempercepat kelelahan otot yang menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas kerja.

PT.Perkebunan Nusantara III adalah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit dan karet. Kelapa sawit merupakan komoditi utama yang dihasilkan perusahaan. Pada proses pemanenan kelapa sawit menggunakan tenaga buruh dan peralatan manual seperti egrek dan dodos. Proses pemanenan kelapa sawit menggunakan egrek dilakukan secara berulang-ulang selama 6 jam dengan hari kerja senin sampai jumat dengan berat egrek 6 sampai 10 kg yang menyebabkan kontraksi pada otot lengan bagian atas. Sikap kerja buruh panen pada saat melakukan aktivitas pemanen kelapa sawit tidak ergonomis dilihat dari posisi tangan diatas 950. Sikap tersebut dipengaruhi oleh jarak buruh panenterhadap kelapa sawit sehingga kondisi tersebut menyebabkan pembebanan energi yang besar saat melakukan aktivitas pemanenan.

Analisis biomekanika dapat digunakan untuk menentukan posisi kerja yang ergonomis yang ditujukkan pada riset “Biomechanics Analysis When Delivering Baby” (Krisyanto, 2014) dimana hasil perhitungan biomekanika menunjukkan bahwa posisi melahirkan pada saat berbaring lebih ergonomis dibandingkan dengan posisi setengah tidur. Selain itu, analisis biomekanika juga dapat melihat kekuatan lengan pada seorang atlet yang dapat dilihat pada riset “Biomechanical analysis of force production during under-arm throwing techniques in cricket”(Syed Ibrahim, 2014) dimana menjelaskan kekuatan lengan pada saat melempar kriket. Hasil penelitian menjelaskan bahwa posisi lengan berpengaruh pada kecepatan saat atlet melempar kriket.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Biomekanika pada Pekerja Pemanen Kelapa Sawit dengan Egrek di PT. Perkebunan Nusantara III (Kebun Ramnbutan)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.