Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Re-Desain Egrek Sebagai Alat Pemanen Kelapa Sawit Menggunakan Kansei Engineering dan Quality Function Deployment di PT. Perkebunan Nusantara III (Kebun Ramnbutan)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Egrek merupakan salah satu alat yang digunakan untuk proses pemanenan kelapa sawit. Alat ini berfungsi untuk memanen buah kelapa sawit dengan ketinggian tanaman diatas 6 meter. Egrek merupakan salah alat yang penting untuk menunjang proses pemanenan di perkebunan sawit. Hal ini menunjukan egrek penting untuk diamati lebih dalam untuk meningkatkan produktivitas kerja pada proses pemanenan.

Egrek yang digunakan di Indonesia masih manual menggunakan tenaga manusia. Dalam perkembangannya, sudah ada inovasi alat egrek semi otomatis namun terdapat beberapa kendala dimana egrek semi otomatis hanya dapat melakukan pemanenan pada tanaman kelapa sawit yang memiliki tinggi maksimum 6 meter. Kekurangan egrek semi otomatis yang membuat beberapa perkebunan sawit tetap menggunakan egrek manual yang bisa memanen tanaman kelapa sawit yang memiliki tinggi lebih dari 6 meter. Egrek manual yang digunakan oleh perkebunan sawit di Indonesia belum disesuaikan dengan kebutuhan pekerja panen di lapangan.
Berdasarkan pada riset”Analisis Penggunaan Egrek Sebagai Alat Pemanen Kelapa Sawit: Part 2” (Listiani, 2014) yaitu Penggunaan egrek selama ini memiliki beberapa kekurangan teknis seperti diameter pegangan egrek yang lebihbesar dari genggaman tangan, galah yang licin dan selalu selip pada saat digunakan, dan panjang galah yang tidak dapat diubah-ubah Ketidaksesuaian desain alat dengan pekerja menimbulkan keluhan fisik.
Keluhan fisik dapat dilihat pada desain egrek yang tidak sesuai dengan dimensi tubuh pekerja yang akan menyebabkan beberapa keluhan karena pekerja harus menggunakan alat tersebut secara berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama.

Aktivitas memanen menggunakan egrek yang tidak sesuai dengan dimensi tubuh pekerja yang dilakukan secara berulang-ulang dengan gerakan statis cenderung mengakibatkan pekerja mengalami kontraksi otot khsnya pada lengan bagian atas, bahu, dan leher. Keluhan pada pekerja akibat fasilitas kerja yang tidak disesuaikan dengan dimensi tubuh pekerja ditujukkan pada riset”Palm Workers: Designing Ergonomics Harvesting Tool Using User Centered Design Approach to Reducing awkward Body Posture by Catia Simulation” (Irwan Syah, 2014) yaitu desain peralatan manual yang tidak ergonomi berkontribusi terhadap tekanan biomekanik dan meningkatkan resiko trauma secara kumulatif dan gangguan sindrom karpal yang menjadi faktor resiko cedera dan terjadinya MSDs pada . Kekurangan teknis tersebut membuktikan bahwa desain egrek yang digunakan belum disesuaiakan dengan kebutuhan pekerja panen seperti tidak menyesuaikan dimensi tubuh pekerja dengan alat yang digunakan dan tidak memperhatikan faktor kenyamanan pekerja.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Re-Desain Egrek Sebagai Alat Pemanen Kelapa Sawit Menggunakan Kansei Engineering dan Quality Function Deployment di PT. Perkebunan Nusantara III (Kebun Ramnbutan)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.