Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Optimisasi Penjadwalan Job Shop Menggunakan Algoritma Tabu Search dengan Metode Earliest Due Date untuk Minimisasi Makespan

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Penjadwalan produksi merupakan salah satu tindakan terpenting dalam sistem manufaktur karena penentuan jadwal yang optimal sangat sulit. Penentuan optimal dalam pemecahan masalah penjadwalan memang menghasikan solusi yang optimal, tetapi membutuhkan waktu yang lama.
 PT. Asia Raya Foundry merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengecoran logam mengikuti aliran jobshop. Perusahaan memiliki tipe produksi make to order dengan variasi produk yang banyak.

 Pengerjaan produksi masih dilakukan dengan sistem FIFO (first in first out), setiap pekerjaan yang dilakukan di suatu mesin dapat berupa perkerjaan baru atau pekerjaan yang sedang dikerjakan. Sistem tersebut sering menimbulkan keterlambatan pemenuhan pesanan akibat dari total waktu penyelesaian pekerjaan (makespan) realtime melebihi dari waktu penyelesaian yang telah direncanakan.
 Perusahaan sangat membutuhkan penjadwalan produksi yang handal untuk mendukung kinerja yang optimal dengan hasil makespan yang minimum.
Tabel telah menunjukkan urutan pengerjaan produksi berdasarkan sistem FIFO. Keterlambatan yang terjadi akibat dari waktu penyelesaian produk (makespan) realtime pada bagian permesinan melebihi waktu penyelesaian yang telah direncanakan. Sebagai contoh pada produk Roda Lorry, berdasarkan due date yang telah disepakati antara perusahaan dan konsumen yaitu 86 hari, produk sudah dapat diterima konsumen pada tanggal 5 Desember 2014. Namun kenyataannya produk diterima konsumen pada tanggal 16 Desember 2014. Berdasarkan data waktu penyelesaian produk, Roda Lorryyang semestinya sudah selesai dikerjakan pada bagian permesinan selama 4 hari, tetapi selesai dalam waktu 12 hari. Begitu juga dengan produk lainnya.
 Keterlambatan proses pada bagian permesinan ini terjadi akibat kurangnya informasi mengenai pesanan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu sehingga kerja mesin harus berubah-ubah yang menyebabkan antrian dan waktu tunggu yang lama. Apabila keadaan seperti ini dibiarkan terus berlanjut, akan menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan dan kepuasan konsumen yang akan berpengaruh terhadap kerugian perusahaan, baik berupa kehilangan keuntungan penjualan maupun kehilangan pesanan di masa yang akan datang.

 Beberapa studi literatur untuk mengurangi keterlambatan-keterlambatan dalam pemenuhan due date pesanan, terutama bila terjadi rush order atau pesanan sisipan, dapat dilakukan dengan menggunakan Algoritma Tabu Search. Kebijakan awal penjadwalan produksi yang diterapkan adalah pengelompokan produk yang ukurannya sama, karena perusahaan memiliki tipe produksi make to order.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Optimisasi Penjadwalan Job Shop Menggunakan Algoritma Tabu Search dengan Metode Earliest Due Date untuk Minimisasi Makespan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.