Contoh Skripsi Hukum pidana:Tinjauan Yuridis Terhadap Peranan Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban (LPSK) Dalam Melindungi Saksi Dalam Tindak Pidana Korupsi



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang  
Indonesia adalah Negara yang berdasarkan atas hukum (rechstaat).
Pernyataan tersebut secara tegas tercantum dalam Penjelasan Umum UndangUndang Dasar 1945. Hal penting dalam negara hukum adalah adanya  penghargaan dan komitmen menjunjung tinggi hak asasi manusia serta jaminan  semua warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum (equality before  the law). Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 menegaskan:“Segala warga negara  bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib  menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”Prinsip  demikian idealnya bukan hanya sekedar tertuang di dalam UUD 1945 dan  perundang-undangan. Namun yang lebih utama dan terutama adalah dalam  pelaksanaan atau implementasinya.

Praktik penegakan hukum seringkali diwarnai dengan hal-hal yang  bertentangan dengan prinsip tersebut. Misalnya penganiayaan terhadap tersangka  untuk mengejar pengakuan, intimidasi, rekayasa perkara, pemerasan, pungutan  liar dan sebagainya. Kemudian dari pihak korban juga merasakan diabaikan hakhaknya, antara lain dakwaan lemah, tuntutan ringan, tidak mengetahui  perkembangan penanganan perkara, tidak menerima kompensasi dan tidak   terpenuhi hak-hak yang lain.
 Sistem peradilan pidana mempunyai suatu proses dalam mengungkap  suatu tindak pidana. Prosesnya yang dimulai dari tahap penyelidikan sampai  dengan pembuktian di persidangan memperlihatkan bahwa keberadaan dan peran  saksi sangatlah diharapkan dan tidak jarang menjadi faktor penentu dari  keberhasilan mengungkap suatu tindak pidana.
Selain tersangka dan korban yang sering diabaikan  hak-haknya satu lagi yang berperan penting dalam mengungkap kebenaran suatu  tindak pidana adalah saksi.
Kedudukan saksi dalam proses peradilan pidana menempati posisi kunci  sebagaimana terlihat dalam Pasal 184 Kitab Undang-Undang Hukum Acara  Pidana. Sebagai alat bukti utama, tentu dampaknya sangat terasa bila dalam suatu  perkara tidak diperoleh saksi. Pentingnya kedudukan saksi dalam proses peradilan  pidana, telah dimulai sejak awal proses peradilan pidana. Harus diakui bahwa  terungkapnya kasus pelanggaran hukum sebagian besar berasal dari informasi  masyarakat. Begitu pula dalam proses selanjutnya, ditingkat kejaksaan sampai  pada akhirnya di pengadilan, keterangan saksi sebagai alat bukti utama menjadi  acuan hakim dalam memutus bersalah atau tidaknya terdakwa. Jadi jelas bahwa  saksi mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam upaya menegakkan hukum  dan keadilan.


Contoh Skripsi Hukum pidana:Tinjauan Yuridis Terhadap Peranan Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban (LPSK) Dalam Melindungi Saksi Dalam Tindak Pidana Korupsi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.