Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pra Rancangan Pabrik Pembuatan Sodium Laktat Dari Molase Dengan Kapasitas Produksi 2.000 TonTahun

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sektor perekonomian suatu negara adalah hal penting yang tidak bisa dianggap kecil perannya dalam perkembangan negara tersebut. Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang tentu saja telah miliki tujuan jangka panjang yang selanjutnya akan melaksanakan pembangunan di segala sektor, salah satunya adalah sektor industri.

Industri kimia merupakan salah satu contoh sektor industri yang sedang dikembangkan di Indonesia dan diharapkan dapat memberian kontribusi yang besar bagi pendapatan negara. Pembangunan industri ditujukan untuk memperkokoh struktur ekonomi nasional dengan keterkaitan yang kuat dan saling mendukung antar sektor, meningkatkan daya ahan perekonomian nasional, memperluas lapangan kerja dan kesempatan usaha sekaligus mendorong berkembangnya kegiatan berbagai sektor lainnya.
Hingga saat ini kebutuhan industri dalam negeri masih diimpor dari luar negeri.
Salah satu jenis produksi kimia yang dibutuhkan adalah natrium laktat yang digunakan yaitu sebagai pengawet makanan, sebagai pelembab pada kosmetik seperti lotion, shampoo dan juga sebagai salah satu komponen pada infus laktat Ringer (Hospira Inc, 2004). Berikut adalah data statistik kebutuhan sodium laktat Indonesia pada tahun 2007 – 2011.
Sumber: Badan Pusat Statistik Indonesia,  Sodium laktat dapat dibuat dari molase yang merupakan sisa industri gula tebu.
Dasar pemilihan molase dari gula tebu sebagai bahan baku karena tebu merupakan salah satu jenis tanaman yang hanya dapat ditanam di daerah yang memiliki iklim tropis. Di Indonesia perkebunan tebu menempati areal seluas lebih kurang 232 ribu hektar yang tersebar di Sumatera Utara, Lampung, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah (www.kpbptpn.com, 2008). Dari seluruh perkebunan yang ada di Indonesia, 50 % adalah perkebunan rakyat, 30% adalah perkebunan swasta dan 20% adalah perkebunan negara (www.kpbptpn.com, 2008).
Pada tahun 2010 produksi tebu di Indonesia mencapai 2,5 juta ton (Badan Koordinasi Penanaman Modal, 2010).
Tebu-tebu dari perkebunan diolah menjadi gula di pabrik gula. Dalam proses produksi di pabrik gula, ampas tebu dihasilkan sebesar 90% dari setiap tebu yang diproses, gula yang termanfaatkan hanya 5%, molase 3% dan sisanya berupa air (www.kpbptpn.com, 2008). Selama ini pemanfaatan molase masih terbatas pada industri pangan yang belum mampu memberikan nilai ekonomi yang tinggi. Oleh karena itu diperlukan adanya pengembangan proses teknologi sehingga terjadi diversifikasi pemanfaatan molase yang selama ini merupakan limbah industri gula.
Salah satu diversifikasi teknologi molase adalah penggunaan bioteknologi yang memanfaatkan bakteri dalam proses pengolahannya untuk menjadi sodium laktat.


Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pra Rancangan Pabrik Pembuatan Sodium Laktat Dari Molase Dengan Kapasitas Produksi 2.000 TonTahun
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.