Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Perlakuan Alkali (NaOH) Terhadap Sifat Mekanik Komposit Epoksi Berpengisi Partikel Serat Buah Pinang

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Penggunaan polimer dan komposit dewasa ini semakin meningkat di segala bidang, seperti komponen utama dalam pembuatan bodi kendaraan, bahan pelapis, peralatan olahraga, peralatan memasak, dan lain-lain. Perkembangan teknologi dan penelitian dalam bidang polimer dan komposit ini juga semakin berkembang pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan polimer. Dalam pembuatannya, komposit polimer mengalami pergeseran dari komposit polimer berpenguat serat sintetis menjadi komposit polimer berpenguat serat alam, sebagai contoh, PT. Toyota di Jepang telah memanfaatkan bahan komposit berpenguat serat kenaf sebagai komponen panel interior mobil jenis sedan. Selain itu, produsen mobil Daimler-Bens pun telah memanfaatkan serat abaca sebagai penguat bahan komposit untuk dashboard [1].

 Serat alami memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan serat sintetis, seperti beratnya yang lebih ringan, dapat diolah secara alami, dan ramah lingkungan. Serat alami merupakan bahan yang dapat diperbaharui dan mempunyai kekuatan dan kekakuan yang relatif tinggi dan tidak menyebabkan iritasi kulit, keuntungan lain adalah kualitas stabilitas panas yang rendah [2]. Serat alami (sisal, pinang, dan lain-lain) telah menarik perhatian para ilmuwan untuk diaplikasikan dalam barang-barang konsumer, perumahan dengan biaya rendah, dan struktur sipil lainnya. Telah ditemukan bahwa komposit serat alami memiliki sifat mekanik yang baik dengan massa jenis yang rendah dan hambatan listrik yang lebih baik [3].

 Di antara semua bahan serat penguat alami, pinang tampaknya menjadi bahan yang menjanjikan karena murah, banyak tersedia, dan berpotensi sebagai tanaman tumbuh hijau. Selain itu, pemanfaatan buah pinang masih sebatas biji yang digunakan dalam bidang pengobatan, bahan cat, coklat, dan lain-lain. Sehingga kulit dari buah pinang tersebut menjadi limbah yang masih belum dimanfaatkan lebih lanjut. Di Indonesia, luas area tanaman pinang pada tahun 2011 sebesar 147.890 ha, dengan produksi 69.881 ton dan produktivitas rata-rata 743 kg/ha. Biji pinang merupakan salah satu komoditas ekspor dengan jumlah ekspor mencapai 197.197 ton Universitas Sumatera Utara pada tahun 2009 dengan nilai US$ 92,58 juta. Sehingga jika dilihat dari data pada tahun 2009 dan 2011, buah pinang memiliki potensi di masa mendatang [4]. Buah pinang mengandung 60-80% sabut pinang dari total berat dan volum dari buah segar [5].

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Perlakuan Alkali (NaOH) Terhadap Sifat Mekanik Komposit Epoksi Berpengisi Partikel Serat Buah Pinang
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.