Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Chemical Engineering:SolidifikasiStabilisasi Limbah Tailing yang Mengandung Merkuri (Hg) dari Pertambangan Emas Sebagai Campuran Dalam Pembuatan Concrete (Beton)

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pertambangan emas tradisional merupakan salah satu kegiatan ekonomi masyarakat di mana para penambang memperoleh penghasilan yang cukup dari aktifitas tersebut. Di pihak lain, kegiatan pertambangan ini berpotensi mencemari lokasi dan lingkungan sekitarnya karena penerapan teknologi yang sederhana seperti penggunaan merkuri sebagai pengikat unsur emas dalam proses amalgamasi. Pencemaran tersebut terjadi ketika sebagian merkuri yang digunakan sebagai bahan pengikat unsur emas, terbuang bersama air limbah pencucian ke lokasi pembuangan baik di tanah maupun di air sungai [10].
Apabila limbah tersebut langsung dibuang ke lingkungan dan tidak diolah terlebih dahulu, maka akan berdampak terhadap keseimbangan lingkungan. Sehingga perlu langkah-langkah yang bijaksana dalam penanganannya. Sehingga resiko terhadap kerusakan lingkungan dapat diminimalisasi.
Salah satu cara pengolahan limbah berbahaya tersebut adalah dengan cara solidifikasi/stabilisasi. Solidifikasi/stabilisasi diyakini dapat membatasi pergerakan unsur dan senyawa B-3 dengan membentuk ikatan massa monolit dengan struktur yang kekar [1]. Solidifikasi/stabilisasi (S/S) bisa digunakan untuk menstabilkan logam berat dalam tanah terkontaminasi dengan cara penambahan semen sebagai pengikat limbah logam berat.
Tujuan proses solidifikasi/stabilisasi adalah untuk mengurangi pelepasan kontaminan baik secara fisik maupun kimia dan mengkonversi atau mengubah limbah berbahaya ke dalam bentuk yang bersahabat dengan lingkungan dan digunakan untuk keperluan konstruksi atau penimbunan tanah [4].
Proses solidifikasi/stabilisasi dapat dilihat keberhasilannya dengan ikatan stabil yang terjadi antara limbah logam berat dengan pengikatnya. Uji solidifikasi/stabilisasi tersebut antara lain uji kuat tekan, uji porositas, uji mobilisasi logam berat.
 Proses Solidifikasi/Stabilisasi telah banyak dilakukan oleh penelitipeneliti sebelumnya, diantaranya : Penelitian tentang daur ulang limbah berbahaya dengan metode Solidifikasi/Stabilisasi abu terbang dari insenerator. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat formula yang paling efektif atau yang paling baik mengikat logam berat dalam limbah tersebut yang terdiri dari 20% fluid fly ash, 40% classic fly ash, 10% semen dan 30% limbah berbahaya. 

Contoh Skripsi Chemical Engineering:SolidifikasiStabilisasi Limbah Tailing yang Mengandung Merkuri (Hg) dari Pertambangan Emas Sebagai Campuran Dalam Pembuatan Concrete (Beton)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.