Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Kebutuhan Kapasitas Produksi Jangka Menengah (RCCP) Dalam Sistem Make To Order di PT. Growth Sumatera Industry

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha sekarang ini mengalami laju pertumbuhan yang sangat pesat yang ditandai dengan bermunculan berbagai jenis usaha khsnya dalam bidang manufaktur. Dengan tingginya pertumbuhan ini maka akan timbul persaingan antar perusahaan untuk menjadi yang terdepan.
Kemampuan perusahaan untuk memenuhi kepuasan konsumen merupakan salah satu penentu posisi perusahaan dalam persaingan bisnis. Keberhasilan suatu perusahaan juga dapat dilihat dari kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen tepat waktu, kualitas produk yang sesuai dengan harapan, serta biaya yang dibebankan dinilai wajar.
Pemenuhan permintaan kosumen dapat terealisasi dengan baik tergantung dari perencanaan jadwal induk produksi dan fasilitas produksi. Perencanaan produksi sebagai suatu perencanaan taktis bertujuan memberikan keputusan yang optimum berdasarkan sumberdaya yang dimiliki perusahaan dalam memenuhi permintaan produk yang akan dihasilkan.
Untuk membuat produk ada tiga unit utama yang harus dilalui yaitu peleburan, pencetakan dan penggilingan. Sumber daya kunci pada proses produksi terdapat pada unit penggilingan karena pada unit inilah dilakukan pembagian jenis produk menurut ukuran dan jenis yang dipesan oleh konsumen.
Bagi perusahaan yang memproduksi berdasarkan pesanan, permintaan yang tinggi akan produk akan menjadi keuntungan bagi perusahaan namun akan menjadi kerugian bagi perusahaan jika tidak dapat memenuhi pesanan tepat waktu dan jumlah. Berdasarkan pengalaman lalu diketahui bahwa perusahaan menerima setiap pesanan yang diminta namun tidak mempertimbangkan sumber daya kapasitas produksi yang tersedia. Karena itu perlu dilakukan perhitungan kapasitas agar lantai produksi dapat siap berproduksi ketika pesanan yang berfluktuatif datang. Penelitian di PT. Wiharta Karya Agung (Budi, 2012) dengan menggunakan analisis dan evaluasi RCCP juga telah dilakukan untuk mengetahui kebutuhan waktu produksi yang dibutuhkan untuk memenuhi produksi. Setelah dilakukan perhitungan dapat diketahui jumlah mesin optimal yang dibutuhkan pada setiap stasiun kerja dan juga dilakukan penyesuaian jumlah operator yang ideal pada tiap stasiun kerja sehingga dapat menunjang jawal induk produksi yang telah dirancang. Analisis kebutuhan kapasitas mesin juga dilakukan di PT. Lotus Indah Textile Industries (Mohammad dan Umar, 2013) untuk mengetahui apakah kapasitas mesin yang ada mampu memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat atau tidak. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kapasitas mesin blowing, carding, drawing, simplex, ring frame, dan winding masih cukup untuk memenuhi produksi namun dengan melakukan penyesuaian kapasitas ke periode yang memiliki kelebihan kapasitas.

Oleh karena itu, perusahaan perlu membuat jadwal induk produksi sebagai dasar penentuan jadwal proses operasi dan jadwal alokasi sumber daya untuk mendukung jadwal penyelesaian pemesanan tepat waktu. Dengan dibuatnya jadwal induk produksi, perusahaan dapat melakukan kegiatan produksi dengan lebih terencana dan terkendali sehingga dapat menyelesaikan pesanan tepat waktu dan jumlah. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dilakukan perhitungan perencanaan kapasitas secara kasar dan membandingkannya dengan kapasitas yang tersedia dengan Rough Cut Capacity Planning (RCCP).

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Kebutuhan Kapasitas Produksi Jangka Menengah (RCCP) Dalam Sistem Make To Order di PT. Growth Sumatera Industry
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.