Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Evaluasi Rancangan Alat Pemipih Purun untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal Pengrajin (Kasus Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Manusia dalam beraktifitas membutuhkan suatu alat yang dirancang atau didesain khs untuk membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah.
Desain yang tepat membuat pekerja akan terasa lebih ringan, nyaman dan cepat yang dapat diperoleh dengan penerapan data antropometri. Susihono dan Prasetyo (2012) menyatakan bahwa peralatan atau fasilitas kerja yang tidak nyaman dapat menimbulkan masalah pada manusia. Postur dan pergerakan memegang peranan penting dalam ergonomi. Pada saat bekerja postur dan pergerakan sering ditentukan oleh tugas dan lingkungan kerja.

Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai merupakan salah satu koperasi yang beranggotakan 56 orang dimana koperasi ini merupakan badan usaha yang memberikan pinjaman kepada masyarakat Dn III Desa Sei Nagalawan melalui pemberian modal usaha. Usaha masyarakat tersebut berupa: penjualan ikan, pembuatan kerupuk, tikar purun, dan pembuatan sampan.
Proses pemipihan purun awalnya dilakukan secara manual menggunakan alat jungkat jungkit berbahan kayu sepanjang 2 m dengan berat 15 kg. Pemipihan 1 ikat daun purun diperlukan kurang lebih 185 kali dalam waktu 1 jam. Proses pemipihan daun purun dilakukan dengan posisi berdiri dimana tangan kiri dan tangan kanan pengrajin pertama menyentuh kayu penyangga pada balok tersebut sedangkan kaki pengrajin yang kanan memijak balok untuk memipih daun purun.
Dalam memipihkan 1 purun diperlukan 3 orang mengerjakan. Proses pemipihan  ikat purun yaitu meletakkan daun purun di atas alat pemipih purun, memipihkan daun purun dengan gerakan membolak balikkan daun purun, melepas dan mengikat kembali daun purun yang sudah ditumbuk, dan memipih purun dengan gerakan naik turun dengan menggunakan alat pemipih purun. Gambar 1.1.menunjukkan alat pemipih purun Gambar 1.1 Alat Pemipih Purun secara Manual Penelitian pendahuluan telah dilakukan pada alat ini dengan pembuatan alat pemipih purun yang baru, prosesnya adalah memasukkan purun ke dalam alat tersebut, dan mengambil purun yang sudah dipipihkan. Proses dalam memipih  ikat tikar purun sebanyak 6 kali. 

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Evaluasi Rancangan Alat Pemipih Purun untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal Pengrajin (Kasus  Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.