Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Rancangan Fasilitas Kerja Pada Stasiun Pencetakan di UKM GUNUNG JATI

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Peranan manusia sebagai sumber tenaga kerja masih dominan dalam menjalankan proses produksi terutama kegiatan yang bersifat manual. Aktivitas manual yang dilakukan manusia mengakibatkan manusia lebih mudah mengalami kelelahan karena tidak adanya bantuan mesin dan peralatan yang menunjang kegiatan yang dilakukan. Manusia dalam beraktifitas membutuhkan suatu alat yang dirancang atau didesain khs untuk membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah. Menurut penelitian Sritomo Wignjosoebroto (2010), fasilitas kerja yang telah disesuaikan dengan antropometri mengakibatkan adanya penurunan tingkat keluhan rasa sakit yang dialami oleh operator pada saat bekerja.

Desain yang sesuai dengan dimensi tubuh operator akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan, nyaman dan cepat.
UKM Gunung Jati adalah salah satu usaha kecil menengah dimana produk yang dihasilkan yaitu paving block. Paving block yang dibuat berbentuk segi enam dan zebra berwarna merah dengan bahan baku berupa pasir dan semen.
Pembuatan paving block dilakukan oleh satu orang operator, dengan aktivitas melakukan pencampuran bahan baku, pengadukan, pencetakan, penjemuran, dan perendaman paving block. Pekerjaan pencetakan paving block dilakukan secara berulang-ulang selama 7 jam kerja per hari. Aktivitas yang dilakukan oleh operator pencetakan paving block di UKM ini dilakukan dengan frekuensi yang tinggi dengan jumlah paving block persegi enam dicetak 450 buah/hari dan jenis zebra dicetak 300 buah/hari serta dilakukan secara berulang-ulang (repetitif), sehingga menimbulkan keluhan rasa sakit pada bagian lengan atas, lengan bawah, bahu, dan tangan.
Pratiwi (2014) Evelina (2012) membahas tentang aktivitas pada stasiun sewing di CV.X yang bergerak di bidang konveksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor resiko kerja yang dialami para operator di stasiun sewing dengan menggunakan metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). Dari hasil penelitian dilakukan perancangan kursi bagi para operator di stasiun sewing untuk memperbaiki posisi kerja operator.

 Mandala (2014) membahas tentang pembuatan paving block di UKM Gunung Jati dengan aktivitas pemindahan material secara manual dan repetitif selama 7 jam per hari. Penelitian tersebut menghasilkan suatu rancangan wadah yang mampu mengurangi keluhan rasa sakit. Hasil penelitian didapatkan keluhan membahas tentang aktivitas pengrajin sepatu di bengkel sepatu tata. Penelitian dilakukan untuk menganalisis postur kerja menggunakan metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). Hasil penelitian dengan metode REBA adalah terdapat dua aktivitas kerja yang memiliki tingkat resiko tinggi dalam pembuatan sepatu yaitu pemotongan pola dan penjahitan upper. Keluhan yang banyak dirasakan oleh pekerja yaitu dibagian leher atas dan pinggang.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Rancangan Fasilitas Kerja Pada Stasiun Pencetakan di UKM GUNUNG JATI
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.