BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan teknologi semakin
meningkat, maka dunia usaha pun mengalami perkembangan yang pesat, tetapi
perkembangan itu menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat pula. Oleh
karena itu, perusahaan kini dituntut untuk bekerja lebih efektif dan efisien
serta tanggap mengantisipasi pasar yang akan dimasuki baik pada saat ini maupun
pada saat yang akan datang, agar pelanggan melakukan pembelian ulang.
Pembelian ulang
merupakan pembelian terhadap merek tertentu yang sama secara berulang kali.
Konsumen yang melakukan pembelian ulang terhadap suatu merek setelah mereka
mempunyai pengalaman dengan merek produk tersebut.
Mempertahankan
semua pelanggan yang ada umumnya akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan
pergantian pelanggan karena biaya untuk menarik pelanggan baru bisa lebih besar
dari biaya mempertahankan seorang pelanggan yang sudah ada. Konsumen akan
bersedia melakukan pembelian ulang apabila memiliki pengetahuan yang baik
tentang produk.
“Pengetahuan
produk adalah kumpulan berbagai informasi mengenai produk. Pengetahuan ini
meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk,
harga produk dan kepercayaan mengenai produk” (Sumarwan, 2003:122). Pengetahuan
produk akan menjadi sumber bagi konsumen untuk terciptanya rasa percaya pada
produk, dengan adanya pengetahuan tentang produk konsumen akan mengetahui dan
percaya bahwa produk yang dikonsumsi bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan
sehingga konsumen yang memiliki pengetahuan tentang produk tersebut akan
melakukan keputusan pembelian ulang.
Menurut Hoyer
dan Maclnnis (1997:49), “pengetahuan produk bisa didapat dari produk itu
sendiri ataupun dari pengalaman penggunaan produk, seperti periklanan,
interaksi dengan tenaga penjual, informasi dari teman atau media, pengambilan
keputusan yang sebelumnya atau penggunaan produk, dan ingatan konsumen”. Selain
pengetahuan produk, hal yang membuat konsumen melakukan pembelian ulang adalah
kepercayaan.
Contoh Skripsi Manajemen:Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Membeli Ulang Blackberry Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.