BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang Masalah
Dalam era
perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat.
Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk
selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi
harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada
yang dilakukan oleh pesaing. Dengan demikian, hanya perusahaan yang berkualitas
yang dapat bersaing dan menguasai pasar.
Kualitas
memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan
suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan
perusahaan. Dalam jangka panjang, ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan
untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka.
Dengan
demikian, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di mana perusahaan
memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan
pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.
Setiap
perusahaan dituntut untuk membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan
penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu untuk
mempertahankan posisi pasarnya ditengah persaingan yang semakin ketat. Untuk
memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para
pelanggan. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan
yang dia rasakan dengan harapannya Kotler (2000:52) Kepuasan nasabah ditentukan
oleh kualitas barang atau jasa yang dikehendaki nasabah. Sehingga jaminan
kualitas menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan sebagai tolak ukur
keunggulan daya saing perusahaan tersebut.
Persaingan yang
ketat antar bank mendorong setiap bank untuk memberikan layanan terbaik kepada
nasabahnya. Masing-masing bank mempunyai program yang terus diperbarui. Program
tersebut dapat berbentuk layanan-layanan baru yang semakin memudahkan nasabah,
ada pula yang menawarkan program undian berhadiah. Semua itu dimaksudkan untuk
sebanyak mungkin menarik masyarakat untuk menjadi nasabah baru, juga untuk
mempertahankan supaya nasabah lama tidak beralih ke bank lain. Hal ini
mendorong bisnis jasa perbankan untuk mencari cara yang mendatangkan keuntungan
dengan cara mendiferensiasikan diri mereka terhadap pesaing. Bisnis perbankan
merupakan bisnis jasa yang berdasarkan pada azas kepercayaan sehingga masalah
kualitas layanan menjadi faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan usaha.
Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian
atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan menurut
Wyckoff (dalam Tjiptono 2005:59).
Contoh Skripsi Manajemen:Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.