Skripsi agribusiness:Dampak Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Terhadap Pendapatan Petani | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Skripsi agribusiness:Dampak Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Terhadap Pendapatan Petani



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Sektor pertanian adalah salah satu sektor yang selama ini masih diandalkan  oleh negara kita karena sektor pertanian memberikan banyak kontribusi dalam  pembangunan ekonomi. Kontribusi pertanian dalam pembangunan ekonomi  diantaranya adalah sebagai penyerap tenaga kerja; kontribusi terhadap  pendapatan; kontribusi dalam penyediaan pangan; pertanian sebagai penyedia  bahan baku; kontribusi dalam bentuk kapital; dan pertanian sebagai sumber devisa  (Anonimus, 2011a).

Sebagai penunjang kehidupan berjuta-juta masyarakat Indonesia, sektor  pertanian memerlukan pertumbuhan ekonomi yang kukuh dan pesat. Sektor ini  juga perlu menjadi salah satu komponen utama dalam program dan strategi  pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Di masa lampau, pertanian  Indonesia telah mencapai hasil yang baik dan memberikan kontribusi penting  dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk menciptakan lapangan  pekerjaan dan pengurangan kemiskinan secara drastis (Anonimus, 2011b).
Dari data yang di peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi  Sumatera Utara tahun 2009, jumlah penduduk miskin di Sumatera Utara adalah  sebesar 1.499.700 jiwa, dimana 11,56% berada di desa yang pada umumnya  bermata pencaharian di bidang pertanian.
 Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Deli Serdang, menyatakan bahwa sumbangan sektor pertanian terhadap perekonomian Kabupaten Deli  Serdang masih sangat dominan terutama tanaman bahan makanan dan  perkebunan. Namun demikian, konstribusi sektor pertanian terhadap pembentukan  Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Deli Serdang dari tahun ke  tahun cenderung mengalami penurunan. Sampai saat ini,  sektor pertanian masih  merupakan basis ekonomi rakyat di pedesaan, menguasai hajat hidup sebagian  besar penduduk, menyerap lebih dari sepertiga jumlah tenaga kerja di Kabupaten  Deli Serdang. Pada tahun 2008, dari total 645.977 pekerja umur 10 tahun keatas di  kabupaten ini adalah sebanyak 219.061 jiwa atau 33,91% nya bekerja di sektor  pertanian. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pembangunan pertanian sangat  diperlukan dalam meningkatkan pembentukan Produk Domestik Regional Bruto  (PDRB)  sebagai penunjang perekonomian  serta meningkatkan kesejahteraan  masyarakat dimana pertanian sebagai mata pencaharian pada umumnya.


Skripsi agribusiness:Dampak Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Terhadap Pendapatan Petani
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.