Latest News

property syariah

property syariah

Skripsi agribusiness:Analisis Tingkat Kepuasan Buruh Di Perkebunan Terhadap Sistem Pengupahan



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Peran sektor pertanian dalam pembangunan di Indonesia tidak perlu  diragukan lagi. GBHN pun telah memberikan amanat bahwa prioritas  pembangunan diletakkan pada pembangunan bidang ekonomi dengan titik berat  pada sektor pertanian. Pembangunan pertanian diarahkan untuk meningkatkan  produksi pertanian guna memenuhi kebutuhan pangan dan industri dalam negeri,  meningkatkan ekspor, meningkatkan pendapatan petani, memperluas kesempatan  kerja dan mendorong pemerataan kesempatan berusaha (Soekartawi,1995).

Indonesia memiliki potensi alamiah yang bagus untuk mengembangkan  sektor pertanian termasuk tanaman perkebunan sebagai sektor pertanian yang  terletak di daerah tropis sekitar khatulistiwa. Indonesia memiliki tanah yang  mampu menyuburkan tanaman, sinar matahari yang konsisten sepanjang tahun,  kondisi iklim yang memenuhi persyaratan tumbuh tanaman, dan curah hujan ratarata/tahun yang cukup tinggi. Semua kondisi ini merupakan faktor-faktor ekologis  yang cukup baik untuk membudidayakan tanaman perkebunan (Rahardi,1995).
Sub sektor perkebunan merupakan sub sektor pertanian yang secara  tradisional merupakan salah satu penghasil devisa negara. Hasil-hasil perkebunan  yang selama ini telah menjadi komoditi ekspor adalah karet, sawit, teh, kopi dan  tembakau. Sebagian besar perkebunan tersebut merupakan perkebunan rakyat   sedangkan sisanya diusahakan oleh perkebunan besar baik milik pemerintah  maupun swasta (Loekman, 1998).
Kelapa sawit di Indonesia dewasa ini merupakan komoditas primadona,  luasnya terus berkembang dan tidak hanya merupakan monopoli perkebunan  besar negara atau perkebunan besar swasta. Saat ini perkebunan rakyat sudah  berkembang pesat. Perkebunan kelapa sawit yang semula hanya di Sumatera  Utara dan Daerah Istimewa Aceh saat ini sudah berkembang di beberapa propinsi  antara lain : Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Riau,  Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan,  Irian Jaya, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Jawa Barat  (Syamsul, 1996).


Skripsi agribusiness:Analisis Tingkat Kepuasan Buruh Di Perkebunan Terhadap Sistem Pengupahan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.