Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Manajemen Sumberdaya Perairan:Uji Daya Hambat Ekstrak Kulit Batang Rhizophora MUCRONATA Terhadap Pertumbuhan Bakteri Aeromonas HYDROPHILA, Streptococcus AGALACTIAE Dan Jamur Saprolegnia SP. Secara In Vitro



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indikator keberhasilan dalam usaha budidaya ikan adalah kondisi  kesehatan ikan. Oleh karena itu masalah penyakit merupakan masalah yang sangat  penting untuk ditangani secara serius. Penyakit pada ikan budidaya diantaranya  terdiri atas penyakit bakterial dan mikotik. Contoh penyakit bakterial yaitu  penyakit Motil Aeromonas Septicemia (MAS) atau penyakit bercak merah yang  disebabkan bakteri Aeromonas hydrophila sebagai bakteri patogen gram negatif  dan penyakit Streptococcosis yang disebabkan oleh Streptococus agalactiae sebagai bakteri patogen gram positif, sedangkan penyakit mikotik salah satunya  disebabkan oleh Saprolegnia sp. yang menyebabkan penyakit saprolegniasis pada  ikan budidaya (Kordi, 2004). Jika penyakit tersebut tidak segera diatasi dapat  membuat ikan budidaya menjadi cacat bahkan mengalami kematian yang akhirnya  dapat menyebabkan harga jualnya turun sehingga dapat mengurangi keuntungan  usaha.

Penanggulangan penyakit dapat dilakukan dengan cara pencegahan dan  pengobatan. Pencegahan penyakit pada ikan biasanya dilakukan dengan cara  menciptakan lingkungan steril dan pemberian pakan yang bernilai gizi baik.
Pengobatan yang dilakukan pada saat ikan terserang, biasanya diberikan bahan  kimia atau sejenisnya. Akan tetapi penggunaan bahan kimia mempunyai dampak  lingkungan yang kurang baik karena bisa mencemari lingkungan (Wiyanto, 2010).
Penggunaan bahan kimia seperti antibiotik juga sering menimbulkan  resistensi bakteri dan fungi bahkan residu pada ikan yang dapat membahayakan   konsumen. Untuk menghindari hal tersebut, salah satu alternatif yang dapat  dilakukan adalah penggunaan anti bakterial lain yang bersifat alami dan efektif  untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri atau fungi, ramah  lingkungan dan mudah terurai di perairan. Pemanfaatan bahan-bahan dari alam,  yang salah satunya diketahui mengandung senyawa antibakterial adalah tumbuhan  mangrove (Maryani dkk., 2002).


Contoh Skripsi Manajemen Sumberdaya Perairan:Uji Daya Hambat Ekstrak Kulit Batang Rhizophora MUCRONATA Terhadap Pertumbuhan Bakteri Aeromonas HYDROPHILA, Streptococcus AGALACTIAE Dan Jamur Saprolegnia SP. Secara In Vitro
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.