Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi agronomy:Pengaruh Skarifikasi Bagian-Bagian Benih Dan Konsentrasi Asam Giberelat (GA3) Terhadap Perkecambahan Benih Aren (Arenga pinnata L)



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Aren (Arenga pinnata) termasuk suku Arecaceae (pinang-pinangan),  merupakan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) yaitu biji buahnya  terbungkus daging buah. Tanaman aren banyak terdapat mulai dari pantai Timur  India sampai ke Asia Tenggara. Di Indonesia tanaman ini banyak terdapat hampir  di seluruh wilayah Nusantara  (Sunanto, 1993).
Tanaman aren sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat pedesaan  karena hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan. Hasil utama komoditi  ini adalah nira, tepung, ijuk. Sedangkan batang luar, lidi, endosperm, dan akar  adalah bagian yang mempunyai manfaat sampingan untuk mendukung kehidupan  sehari-hari. Selain itu, secara ekologis tanaman aren dapat berfungsi sebagai  pendukung habitat dan fauna tertentu dan dapat mendukung program pengawetan  tanah dan air (Saleh, 2003).

Potensi tanaman aren yang cukup besar tersebut perlu mendapat dukungan  penelitian, khsnya penelitian agronomi yang selama ini belum banyak  dilakukan. Untuk mendukung pengembangan dan budidaya maka dibutuhkan  bibit yang bermutu dalam jumlah banyak dan dapat disediakan dalam waktu yang  singkat. Namun benih aren memiliki sifat dormansi walaupun dormansi benih  merupakan sifat alami untuk dapat bertahan hidup agar spesiesnya tetap lestari,  tetapi sifat dormansi benih tersebut dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan  penelitian (Saleh, 2003).
 Secara alami biji aren memiliki masa dormansi yang cukup lama, yaitu  bervariasi dari 1-12 bulan yang terutama disebabkan oleh kulit biji yang keras dan  impermiabel sehingga menghambat terjadinya imbibisi air ke dalam biji. Upaya  pematahan dormansi telah dilakukan untuk mengatasi impermiabilitas kulit biji ini  melalui perendaman dengan HCL, H2SO4, air panas dan skarifikasi. Dormansi biji  aren juga disebabkan oleh adanya zat inhibitor perkecambahan seperti ABA,  kematangan embrio yang belum sempurna dan faktor genetis tanaman aren  (http://arenindonesia.wordpress.com/pembibitan-aren, 2010).
Penyebab kedormanan benih aren salah adalah disebabkan antara lain  tebalnya kulit benih dan ketidakseimbangan senyawa perangsang dan senyawa  penghambat dalam memacu aktivitas pekecambahan benih.  Selain  itu  meningkatnya senyawa kalsium oksalat pada buah aren yang telah matang. Pada  dasarnya dormansi benih aren dapat dipersingkat dengan berbagai perlakuan di  antaranya adalah secara fisik, kimia, dan biologi. Namun dari hasil penelitian  terdahulu menunjukkan bahwa perlakuan fisik saja belum mampu meningkatkan  persentase berkecambah serta waktu yang dibutuhkan (Saleh, 2003).


Contoh Skripsi agronomy:Pengaruh Skarifikasi Bagian-Bagian Benih Dan Konsentrasi Asam Giberelat (GA3) Terhadap Perkecambahan Benih Aren (Arenga pinnata L)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.