Contoh Skripsi agribusiness:Dampak Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Terhadap Produktivitas Jagung



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan sektor pertanian sebagai  mata pencaharian dari mayoritas penduduknya. Dengan demikian, sebagian besar  penduduknya menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Kenyataan yang  terjadi bahwa sebagian besar penggunaan lahan di wilayah Indonesia diperuntukkan  sebagai lahan pertanian (Husodo, S. dkk, 2004).

Sektor pertanian masih akan merupakan sektor strategis dalam pembangunan  perekonomian nasional, penyerapan tenaga kerja, sumber produktivitas masyarakat,  penyediaan pangan, penurunan kemiskinan serta peran tidak langsung dalam  penciptaan  kondisi yang kondusif bagi  kelangsungan  pembangunan  (Departemen Pertanian 2008).
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2007 jumlah penduduk  miskin tercatat 37,2 juta jiwa. Sekitar 63,4% dari jumlah tersebut berada di pedesaan  dengan mata pencaharian utama di sektor pertanian dan 80% berada pada skala usaha  mikro yang memiliki luas lahan lebih kecil dari 0,3 hektar. Kemiskinan di pedesaan  merupakan masalah pokok nasional yang penanggulangannya tidak dapat ditunda dan  harus menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial.
Oleh karena itu pembangunan ekonomi nasional berbasis pertanian dan pedesaan  secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengurangan penduduk  miskin (Departemen Pertanian,  a ).
 Pada umumnya masalah kerniskinan berhubungan erat dengan permasalahan pertanian di  Indonesia. Menurut Daerobi, dkk (2007), beberapa masalah pertanian yang dimaksud  yaitu: Pertama, sebagian besar petani Indonesia sulit untuk mengadopsi teknologi  sederhana untuk meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya. Tidak sedikit petani  yang masih menggunakan cara-cara tradisional. Hal ini berkaitan dengan keterbatasan  ruang gerak petani terhadap fasilitas yang dimiliki sehingga membuat petani menjadi tertutup dan lambat dalam merespon perubahan yang terjadi di dunia luar.


Contoh Skripsi agribusiness:Dampak Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Terhadap Produktivitas Jagung
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.