Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Pencapaian Swasembada Pangan Beras dan Upaya-Upaya yang Dilakukan



I.  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Keberhasilan pembangunan di sektor pertanian suatu daerah harus tercermin oleh  kemampuan daerah tersebut dalam swasembada pangan atau paling tidak  ketahanan pangan. Selain bertujuan menyediakan pangan bagi seluruh penduduk,  juga merupakan sektor andalan penyumbang devisa negara dari sektor nonmigas.
 Pembangunan sektor ini mempunyai dampak spektrum yang luas terhadap  pengentasan kemiskinan, perbaikan kualitas sumber daya manusia, pemerataan  pembangunan dan keadilan sosial (DKP Nasional, 2010: 1)  Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari tanaman, ternak, dan ikan yang  memenuhi kebutuhan atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral serta  turunannya yang bermanfaat bagi pertumbuhan kesehatan.
Pangan merupakan  kebutuhan manusia paling azasi, sehingga ketersediaan pangan bagi masyarakat  harus terjamin. Manusia dengan segala kemampuannya selalu berusaha  mencukupi kebutuhannya dengan berbagai cara ( Suryana, 2003: 32).
 Beras merupakan bahan pangan pokok yang sampai saat ini masih dikonsumsi  oleh sekitar 90% penduduk Indonesia khsnya di Sumatera Utara, dan yang  menyumbang lebih dari 50% kebutuhan kalori serta 50% kebutuhan protein.
 Selain itu, kebutuhan beras semakin meningkat karena jumlah penduduk  bertambah dan terjadi pergeseran menu dari non beras ke beras. Oleh karena itu,    pemerintah berusaha mencari terobosan baru guna meningkatkan produksi pangan  yang bersifat massal dan integral (BKP Samosir, 2010:1).
 Kelangkaan penyediaan beras akan menyebabkan tingginya harga  beras yang  secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi krisis ekonomi.
 Penyediaan beras dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu memproduksi sendiri di  dalam negeri dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi yang ada dan  dengan mengimpor dari negara lain( DKP Nasional, 2010: 34).


Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Pencapaian Swasembada Pangan Beras dan Upaya-Upaya yang Dilakukan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.