Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Komparatif Tingkat Pendapatan Dan Produksi Petani Tri (Tebu Rakyat Intensifikasi) Sistem Tanam Awal Dan Sistem Keprasan



I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebelum tahun 1975, keikutsertaan petani dalam pengadaan tebu hanya terbatas  sebagai pihak yang menyewakan lahan atau sebagai buruh kasar. Saat itu,  sebagian besar bahan baku tebu berasal dari tebu sendiri dan tebu pabrik gula.
 Sebagian kecil saja yang berasal dari tebu rakyat. Hal ini disebabkan karena  produktivitas tebu rakyat sangat rendah dibanding tebu sendiri  atau perkebunan  negara (Tim Penulis,2000).
Jika dilihat dari data produksi gula tebu Indonesia diatas, produksi gula lebih  besar pada perkebunan besar negara daripada perkebunan rakyat, produksi gula  terus meningkat setiap tahunnya,  akan tetapi perkebunan rakyat mengalami  penurunan produksi pada tahun 1975 disebabkan rendahnya jumlah uang sewa  yang ditetapkan pemerintah (tidak disebutkan jumlahnya), dibandingkan dengan  penerimaan petani dari hasil menggarap tanaman padi atau palawija dalam jangka  waktu yang sama.
Menjawab masalah diatas (Mubyarto, 1992) menjelaskan pada  1975 pemerintah mengeluarkan Inpres Nomor 9 Tanggal 22 April 1975 yang  isinya menentukan bahwa untuk selanjutnya tanaman tebu tidak ditanam sendiri  oleh pabrik gula namun diserahkan kepada petani untuk dikelola di atas tanahnya  sendiri. Program itu dikenal dengan nama Tebu Rakyat Intensifikasi (TRI) dan  atas dikeluarkannya program itu setidaknya lebih sesuai dengan isi kandungan  Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) pasal 10 tahun 1960 yang menghendaki  agar tanah pertanian diusahakan secara aktif oleh pemiliknya sendiri.
 Tebu merupakan tanaman yang mempunyai prospek kedepan karena merupakan  salah satu bahan baku pembuatan gula, daerah penghasil dan pabrik pengolahan  tebu di Sumatera Utara juga masih sedikit yaitu Pabrik Gula Kwala Madu dan Sei  Semayang. Kemerosotan produktivitas tanaman tebu/gula yang dialami sejak  pemberlakuan TRI disebabkan petani lebih mementingkan tanaman pangan dan  konversi lahan menjadi tanaman perkebunan lain, sehingga tanaman tebu menjadi  tersampingkan, selain itu petani lebih sering menanam tebu di lahan rendah  tingkat kesuburannya menjadi salah satu alasan pemilihan komoditi ini untuk  dijadikan penelitian. Tebu termasuk jenis komoditi yang budidayanya  menggunakan lahan yang berhektar-hektar dan terdapat pada daerah tertentu.


Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Komparatif Tingkat Pendapatan Dan Produksi Petani Tri (Tebu Rakyat Intensifikasi) Sistem Tanam Awal Dan Sistem Keprasan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.