Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Internal dan Sistem Pelaporan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang  
Indonesia telah memasuki masa pemulihan akibat krisis ekonomi yang  berkepanjangan.Seluruh pihak termasuk pemerintah sendiri mencoba mengatasi hal ini  dengan melakukan reformasi di segala bidang.Yang merupakan usaha untuk  memulihkan  kondisi ekonomi, sosial dan politik adalah dengan mengembalikan kepercayaan rakyat  kepada pemerintah dengan mencoba mewujudkan suatu pemerintahan yang bersih dan  berwibawa atau dikenal dengan istilah Good Governance.Kewajiban pemerintah untuk  mempertanggungjawabkan kinerjanya dengan sendirinya dipenuhi dengan menyampaikan  informasi yang relevan sehubungan dengan hasil dari program yang dilaksanakan kepada  wakil rakyat dan juga kelompok masyarakat yang memang ingin menilai kinerja pemerintah.

Upaya ini juga didukung oleh banyak pihak baik pemerintah sendiri sebagai lembaga  eksekutif, DPR sebagai lembaga legislatif, pers dan juga oleh lembaga-lembaga swadaya  masyarakat. Menurut Soelendro (2000:13), unsur - unsur pokok upaya perwujudan Good  Governance ini adalah transparency, fairness, responsibility dan accountability. Menurut  Yunus (2000:1), unsur - unsur good governance adalah tuntutan keterbukaan (transparency),  peningkatan efisiensi di segala bidang (efficiency), tanggung jawab yang lebih jelas  (responsibility) dan kewajaran (fairness). Hal ini muncul sebenarnya sebagai akibat dari  perkembangan proses demokratisasi di berbagai bidang serta kemajuan profesionalisme.
Dengan demikian,  pemerintah sebagai pelaku utama pelaksanaan good governance ini  dituntut untuk memberikan pertanggungjawaban yang lebih transparan dan lebih akurat.Hal  ini semakin penting untuk dilakukan dalam era reformasi ini melalui pemberdayaan peran  lembaga-lembaga kontrol sebagai pengimbang kekuasaan pemerintah.
 2  Pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia pada tahun 2001 memunculkan jenis  akuntabilitas baru, sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 1999 dan UU Nomor 25 Tahun 1999.
Dalam hal ini terdapat tiga jenis pertanggungjawaban keuangan daerah yaitu:  (1) pertanggungjawaban pembiayaan pelaksanaan dekonsentrasi,  (2) pertanggungjawaban pembiayaan pelaksanaan pembantuan, dan  (3) pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).
Sementara di tingkat pemerintah pusat, pertanggungjawaban keuangan tetap dalam  bentuk pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).Saat ini di  Indonesia sedang dilakukan persiapan penynan suatu standar akuntansi pemerintahan  yang lebih baik serta pembicaraan yang intensif mengenai peran akuntan publik  dalam  memeriksa keuangan negara maupun keuangan daerah.Namun, tampak bahwa akuntabilitas  pemerintahan di Indonesia masih berfokus pada sisi pengelolaan keuangan negara atau  daerah.
Memasuki era reformasi, masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia, baik di  propinsi, kota maupun kabupaten mulai membahas laporan pertanggungjawaban kepala  daerah masing-masing dengan lebih seksama. Beberapa kali terjadi pernyataan ketidakpuasan  atas kepemimpinan kepala daerah dalam melakukan manajemen pelayanan publik maupun  penggunaan anggaran belanja daerah.Melihat pengalaman di negara-negara maju, ternyata  dalam pelaksanaannya, keingintahuan masyarakat tentang akuntabilitas pemerintahan tidak  dapat dipenuhi hanya oleh informasi keuangan saja.Masyarakat ingin tahu lebih jauh apakah  pemerintah yang dipilihnya telah beroperasi dengan ekonomis, efisien dan efektif.


Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Internal dan Sistem Pelaporan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.