BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Seiring dengan
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada kebutuhan akan alat transportasi sangat
meningkat, di lain sisi lingkungan alam yang
mendukung hajat hidup manusia semakin terancam kualitasnya, sehingga efek negatif polusi udara terhadap kehidupan
manusia semakin hari semakin bertambah.
Penurunan kualitas udara yang terus menerus terjadi selama beberapa tahun terakhir diakibatkan oleh beberapa hal,
salah satunya adalah gas buang kendaraan bermotor terutama bermesin diesel. Sekarang
ini, energi yang digunakan pada
kendaraan masih menggunakan bahan bakar minyak, namun tidak semuanya dipakai secara efisien, masih ada
energi yang terbuang sia-sia. Kondisi ini
menandakan bahwa tidak seluruh energi kimia yang dimiliki oleh bahan bakar dapat dirubah oleh mesin menjadi energi
mekanis. Penyebab utamanya adalah ketidaksempurnaan
pembakaran, disamping itu juga kerugian akibat gesekan yang ditimbulkan antar bagian mesin.
Ketidak
sempurnaan pembakaran menimbulkan efek negatif pada mesin, diantaranya kadar emisi gas buang yang tinggi.
Emisi gas buang yang dihasilkan dari
proses pembakaran pada kendaraan bermotor dapat bersifat racun dan membuat efek negatif. Idealnya, pembakaran
dalam mesin menghasilkan pembuangan yang
tidak mengganggu kesehatan lingkungan. Tapi kenyataannya tidak semua pembakaran berlangsung sempurna.
Bila pembakaran tidak sempurna maka gas
buang yang dihasilkan selain menghasilkan gas CO2 dan H2O juga menghasilkan gas-gas yang beracun yaitu CO,
HC, NOx dan lain-lain.
Mencapai
pembakaran yang betul-betul sempurna adalah hal yang mustahil.
Untuk itu yang
mungkin dilakukan adalah menjadikan pembakaran lebih baik dari sebelumnya. Fakta ini, disadari sepenuhnya
oleh berbagai pihak terutama produsen kendaraan
bermotor, berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang diklaim memiliki pembakaran yang jauh lebih baik dari
sebelumnya sehingga hemat dalam pemakaian
bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan ramah terhadap lingkungan. Berbagai terobosan terus
dilakukan, diantaranya memodifikasi ruang bakar, menambah jumlah silinder, menambah
jumlah katup (valve) dan memperbaiki
mekanisme kerja mesin, menaikkan kompresi, penggunaan EFI dan masih banyak lagi. Dengan tujuan yang sama,
ilmuwan dan praktisi mengadakan studi
lebih mendalam terhadap karakteristik bahan bakar dan terus menerus, melakukan percobaan untuk mendapatkan proses
pembakaran yang menghasilkan gas buang
rendah (aman).
Contoh Skripsi Mechanical Engineering:Studi Simulasi Penibebanan Impak Pada Helmet Sepeda Dari Baiian Pol}.Uieric Foam Yang Diperkuat Serbuk Tkks Dengan Menggunakan Sottware Ansys 14.5
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.