Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Kedokteran:Gambaran Gaya Hidup Pada Penderita Osteoartritis Yang Berobat Jalan Di Poliklinik Reumatologi



BAB 1
 PENDAHULUAN
1.1.   Latar belakang
Osteoartritis (OA) adalah suatu kelainan sendi kronis (jangka panjang)  dimana terjadi proses kelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang  disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan  ini merupakan suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu  sendi atau lebih. OA terutama menyebabkan perubahan - perubahan biomekanika  dan biokimia di dalam sendi; penyakit ini bukan suatu peradangan. Namun,  seringkali perubahan di dalam sendi ini disertai oleh sinovitis, menyebabkan nyeri  dan perasaan tidak nyaman (Sanghi, 2009).

Data menunjukkan bahwa prevalensi di Indonesia pada  tahun 2008  sebanyak 23,6 - 31,3% (Sanghi, 2009). Didapati bahwa 13% dari wanita dan 10%  dari pria yang berusia 60 tahun ke atas mengalami OA. Peningkatan prevalensi  OA  disebabkan oleh faktor resiko dari obesitas dan usia. Wanita menderita  persentasi lebih tinggi  dibandingkan pria. Meta analisis  menunjukkan bahwa  insidensi pria menderita OA pada usia di bawah 55 tahun lebih dini dari wanita.
Pada wanita menderita OA pada usia lebih dari 55 tahun karena mereka akan  mengalami usia menopause (Heidari, 2011).
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization),  prevalensi penderita OA di dunia pada tahun 2004 mencapai 151,4 juta jiwa dan  27,4 juta jiwa berada di Asia Tenggara. Prevalensi OA di Indonesia sampai saat  ini belum ada laporan yang jelas. Namun Handono dan Kusworini pada tahun  2000, melaporkan bahwa prevalensi OA di Malang pada usia dibawah 70 tahun  cukup tinggi, yaitu 21,7% menyerang pada usia antara 49-60 tahun, yang terdiri  dari 6,2% laki-laki dan 15,5% perempuan (Tanna, 2004).
Berdasarkan dari penelitian awal di RSU Dr. Pirngadi  tahun 2012  sebanyak 345 pasien OA dan tahun 2013 sebanyak 350 pasien OA berobat jalan  di Poliklinik Reumatologi, RSU Dr. Pirngadi .
 Gaya hidup yang sehat merupakan kunci utama kepada kesejahteraan  manusia. Manusia yang sehat pastinya dapat memainkan peranan aktif terhadap  pembangunan agama, bangsa dan negara. Gaya hidup sehat didefinisikan sebagai  suatu keadaan fisik, pikiran dan sosial yang sehat, cerdas serta bebas dari setiap  penyakit berlandaskan keadaan sosial dan masyarakat. Definisi ini menegaskan  bahwa status gaya hidup yang sehat ditunjang oleh faktor fizik, mental dan sosial  yang sehat, berfungsi, cerdas serta tidak diancam oleh penyakit yang dapat  merugikan manusia (WHO, 1948). Gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang  berolahraga, merokok, pekerjaan yang tidak agronomic dan pola makan yang  kurang baik menjadi faktor utama terjadinya OA (Horton, 2011).


Contoh Skripsi Kedokteran:Gambaran Gaya Hidup Pada Penderita Osteoartritis Yang Berobat Jalan Di Poliklinik Reumatologi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.