Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Economic Development:Analisis Peran UMKM dalam Pengurangan Jumlah Penduduk Miskin



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran sangat  penting di seluruh dunia bukan hanya di negara-negara sedang berkembang tetapi  di negara-negara maju seperti Eropa, AS, dan Jepang, UMKM di sebut sebagai  salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan ekspor,  dan sebagai  sumber  inovasi. Di Indonesia pentingnya UMKM sering dikaitkan dengan  masalah-masalah ekonomi dan sosial seperti tingkat penduduk miskin yang tinggi  dan jumlah pengangguran yang besar terutama dari golongan masyarakat berpendidikan rendah, ketimpangan distribusi pendapatan, proses pembangunan  yang tidak merata antara daerah antara daerah perkotaaan dan daerah pedesaan.

Peran keberadaan UMKM yang paling menonjol adalah kemampuan dalam  penyerapan tenaga kerja (dapat mengurangi jumlah pengangguran). Bagi sebagian  orang yang memiliki potensi dari segi kreativitas, inovatif, teliti, ulet, dan  memiliki kemampuan kerja yang tinggi, justru hal tersebut yang menarik untuk  mendirikan UMKM. Hal tersebut dikarenakan merasa lebih bebas, tidak  terkekang untuk mengambil keputusan, tidak memikirkan resiko yang tinggi, dan  mereka menyadari bahwa suatu usaha besar harus dimulai dari usaha kecil. Selain  itu, kemampuannya lebih baik dan dinamis dalam menyesuaikan diri terhadap  keadaan pasar yang mudah berubah dibandingkan usaha besar. Ketika mereka  memiliki sebuah usaha sendiri maka masalah kemiskinan justru akan lebih mudah  untuk diatasi, sebab masalah penduduk miskin pada umumnya terjadi karena  mereka tidak memiliki pekerjaan berarti tidak memiliki penghasilan,  atau  memiliki pekerjaan tetapi penghasilannya tidak dapat memenuhi kebutuhan  pokoknya, jika begitu maka orang yang tidak memiliki penghasilan dan  penghasilannya tidak mencukupi maka dikatakan dengan kemiskinan. Kemiskinan  adalah kenyataan hidup.
Usaha  kecil  dan  informal merupakan sektor  usaha  yang  telah  terbukti  berperan strategis atau penting dalam mengatasi akibat dan dampak dari krisis  ekonomi yang pernah melanda Indonesia ditahun 1997. Disisi lain, sektor usaha  kecil dan informal juga telah mampu memberikan kontribusi dalam mendorong  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  selama  ini.  Kedudukan  yang  strategis  dari  sektor usaha  kecil dan  informal  tersebut  juga  karena  sektor  ini  mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan usaha besar/menengah.  Keunggulankeunggulan sektor ini antara  lain kemampuan  menyerap  tenaga  kerja  dan  menggunakan sumberdaya lokal, serta usahanya relatif bersifat fleksibel.
Untuk menanggulangi  kemiskinan memerlukan upaya yang sungguhsungguh, terus-menerus, dan terpadu dengan menekankan pendekatan hak-hak  dasar, salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan adanya UMKM.


Contoh Skripsi Economic Development:Analisis Peran UMKM dalam Pengurangan Jumlah Penduduk Miskin
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.