Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Desain Perencanaan Check Dam Batang Suliti Kabupaten Solok Selatan



BAB I  
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam pengelolaan air banyak dijumpai permasalahan seperti pembagian air  yang kurang proporsional, sehingga berdampak terhadap kekurangan air, terutama  pada saluran-saluran sekunder yang berada paling ujung atau hilir. Sehingga  optimalisasi ketersediaan air merupakan salah satu solusi agar produksi  meningkat. Pengelolaan bangunan air merupakan hal yang sangat penting dalam  irigasi. Dasar sungai biasanya tersn oleh endapan material angkutan sedimen  yang terbawa oleh aliran sungai dan masuk ke saluran irigasi. Sedimentasi yang  cukup tinggi akan membuat kapasitas saluran irigasi berkurang. Oleh sebab itu  dibutuhkan konstruksi bangunan kantong lumpur yang berfungsi mengendapkan  sedimen agar tidak masuk ke saluran irigasi.

Secara hidrologis, lokasi Daerah Pengairan Sungai Batang Suliti berhulu  dijajaran perbukitan Bukit Barisan di bagian Timur dan bermuara di Batang  Bangko di teruskan ke batang Hari Pantai Timur Sumatera, kecamatan Koto Parik  Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan  memiliki kondisi alam yang khas.
Daerah ini termasuk parameter utama penyebab banjir, sebab merupakan  kombinasi beberapa faktor alam antara lain curah hujan rata-rata yang cukup  tinggi, serta daya dukung lingkungan yang tidak memadai pada suatu daerah  aliran sungai. Dibagian hulu atau daerah sekitar bendung Batang Suliti dijumpai  banyak  endapan sedimen,  serta di bagian hilir dijumpai banyak  batuan dan  endapan sedimen. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa sungai mempunyai  kemiringan yang tinggi atau dekat dengan sumber produksi sedimen. Selain itu,  pasca gempa 30 September 2009 juga turut memperparah kondisi keadaan DAS  Batang Suliti, dimana material batuan pada tebing dan dasar sungai menjadi  longgar.
Dengan kondisi sungai seperti ini, maka pada tahun 2011 dibangun suatu  Check dam pengendali untuk mengatasi permasalahan sedimentasi. Akan tetapi  pada bulan agustus 2012, Check dam yang telah dibangun di Batang Suliti pun  roboh. Hal ini disebabkan oleh kondisi dari check dam yang tidak mampu  menampung sedimen. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, robohnya check  dam Batang Suliti merupakan akibat tidak berimbangnya antara sedimen yang  masuk dengan sedimen yang terbawa oleh aliran sungai Batang Suliti selain itu  diperparah dengan adanya penambangan biji besi pada daerah Air Mancung dan  Batubara Tangkut, sehingga terjadi endapan sedimen pada bendung yang terdapat  di Batang Suliti.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Desain Perencanaan Check Dam Batang Suliti Kabupaten Solok Selatan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi sipil, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.