Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Farmasi:Analisis Rhodamin B Pada Jajanan Anak-Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan



BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Rhodamin B merupakan zat warna sintetik yang umum digunakan sebagai  pewarna tekstil. Menurut Peraturan Pemerintah RI No.28, Tahun 2004, rhodamin  B merupakan zat warna tambahan yang dilarang penggunaannya dalam produkproduk pangan. Rhodamin B dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan, iritasi  kulit, iritasi pada mata, iritasi pada saluran pencernaan, keracunan,gangguan hati  dan dapat menyebabkan kanker. Zat warna Rhodamin B walaupun telah dilarang  penggunaanya ternyata masih ada produsen yang sengaja menambahkan zat warna  rhodamin B untuk produknnya (Judarwanto, 2009).

Harga menjadi salah satu alasan oleh produsen untuk menggunakan zat  pewarna tekstil untuk ditambahkan pada produk makanan dan minuman, dimana  zat pewarna tekstil ini relatif lebih murah dan biasanya warnanya lebih menarik  dibanding dengan zat pewarna untuk makanan. Pemberian zat pewarna berbahaya  dalam bahan makanan dan minuman juga disebabkan karena ketidaktahuan  tentang zat pewarna apa saja yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan  untuk ditambahkan pada makanan. Masyarakat kurang mengetahui bahwa  pewarna tekstil yang digunakan dalam makanan dapat menimbulkan gangguan  kesehatan tubuh yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit seperti  kanker dan tumor pada organ tubuh manusia (Judarwanto, 2009).
Pewarna  rhodamin B  banyak digunakan   pada produk makanan dan  minuman industri rumah tangga, antara lain terdapat pada kerupuk, makanan  ringan, permen , sirup, minuman kemasan, es doger, dan manisan. Makanan yang   diberi zat pewarna ini biasanya berwarna lebih terang dan ditemukan pada  makanan dan minuman jajanan anak Sekolah Dasar (SD) (Mudjajanto, 2009).
Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui  apakah Rhodamin B terdapat dalam makanan dan minuman jajanan yang biasa  dijajakan di Sekolah Dasar di kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jajanan yang  dipilih adalah makanan dan minuman yang memiliki warna merah yaitu saus,  kerupuk, permen, es, dan minuman kemasan. Analisis  yang dilakukan yaitu  identifikasi dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dan Spektrofotometri sinar  tampak sedangankan penentuan kadar dilakukan secara Spektrofotometri sinar  tampak.


Contoh Skripsi Farmasi:Analisis Rhodamin B Pada Jajanan Anak-Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.