Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Farmasi:Penetapan Kadar Sulfadoksin Dan Pirimetamin Dalam Sediaan Tablet Secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit (protozoa) dari  genus plasmodium yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk anopeles. Biasanya  malaria menyerang penduduk yang tinggal didaerah endemis atau orang-orang yang  berpergian ke daerah yang angka penularannya tinggi. Kegiatan pemberantasan  penyakit ini sudah dilakukan sejak lama, adanya parasit malaria yang resisten  terhadap obat-obatan, menambah sulit pemberantasan penyakit ini (Prabowo, 2008) .

 Tablet Fansidar merupakan salah satu obat kombinasi Sulfadoksin dan  Pirimetamin dengan pemberian peroral, Pirimetamin bekerja dengan menghambat  enzim dihidrofolat reduktase plasmodium, penghambatan ini menyebabkan protozoa  kekurangan tetrahidrofolat, suatu kofaktor yang diperlukan dalam biosintesis purin  dan pirimidin. Pirimethamin efektif digunakan pada  P. Malariae  yang  dikombinasikan dengan Sulfadoksin sehingga dapat meningkatkan efektivitas dari  Pirimetamin (Harvey, 2001).
 Menurut Undang-undang No. 36 tahun 2009 pasal 105 ayat 1 tentang  kesehatan bahwa obat dan bahan obat harus memenuhi standar Farmakope dan buku  standar lain. Salah satu parameter obat tersebut dikatakan memenuhi standar apabila  kadar zat berkhasiat yang terkandung didalamnya memenuhi persyaratan Farmakope  Indonesia dan buku standar lainnya.
 Menurut USP edisi 30 (2007) penetapan kadar tablet kombinasi Sulfadoksin  dan Pirimetamin dapat dilakukan secara KCKT dengan metode baku dalam (Internal   standar) menggunakan kolom VP-ODS (3,9 mm x 30 cm) dengan perbandingan fase  gerak Asetonitril-Asam asetat glasial dalam air 1% (1:4), dengan laju alir 2 ml/menit  dan dideteksi pada panjang gelombang 254 nm,.
 Dalam penelitian ini dilakukan penetapan kadar dengan metode yang berbeda  yaitu metode baku luar (Eksternal standar), menggunakan kolom VP-ODS (4,6 mm x  25 cm), fase gerak Asetonitril dan Asam asetat glasial dalam air 1% dengan berbagai  perbandingan.


Contoh Skripsi Farmasi:Penetapan Kadar Sulfadoksin Dan Pirimetamin Dalam Sediaan Tablet Secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.