Contoh Skripsi Farmasi:Karakterisasi Simplisia, Skrining Fitokimia Dan Isolasi Senyawa Flavonoida Dari Daun Tumnbuhan Pacar Air (Impatiens balsamina L.)



BAB I
PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang
Pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah terciptanya  kemampuan hidup sehat setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat  kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum  dari pembangunan nasional. Untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu peran serta  masyarakat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman  obat-obatan. Karena tanaman ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat , selain  untuk konsumsi, juga dapat dijadikan obat tradisional bahkan dapat menambah  penghasilan masyarakat dari hasil penjualan tanaman, selain dimanfaatkan untuk  obat dapat juga ditata dengan baik sebagai penghias pekarangan. Pekarangan  rumah menjadi tampak asri dan penghuninya dapat memperoleh obat-obatan yang  diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Pemanfaatan berbagai jenis tumbuhan pekarangan rumah merupakan salah  satu gambaran masyarakat yang telah menyadari arti pentingnya tumbuhan  tersebut bagi penyembuhan penyakit. Oleh karena itu, budidaya tumbuhan obat  tradisional perlu digalakkan oleh masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan  rumah sehingga dapat memberikan manfaat terhadap dirinya, keluarga dan  masyarakat (Anonim,2009).
Salah satu tumbuhan obat adalah pacar air (Impatiens balsamina L.) dari  suku Balsaminaceae. Tumbuhan pacar air mempunyai beberapa warna bunga  yaitu merah, putih, kuning, jingga dan ungu. Kandungan kimia yang terkandung  dari bunga diantaranya antosianin (sianidin, delpinidin, pelargonidin, malpidin),    kamperol, monoglikosida, biji mengandung saponin dan fixel oil, akar sianidin,  monoglikosida. Pemeriksaan kandungan kimia daun pacar air belum dilakukan,  sehingga perlu dilakukan skrining fitokimia dari daun pacar air dan juga  tumbuhan pacar air ini belum terdapat pada monografi tumbuhan yaitu Materia  Medika Indonesia (MMI) sebagai petunjuk karakterisasi simplisia.
Tumbuhan ini memiliki banyak khasiat obat, diantaranya bagian yang  digunakan adalah biji, daun, bunga dan akarnya. Biji digunakan untuk mengatasi  terlambat haid, sulit melahirhan, rasa tersumbat ditenggorokan, bengkak akibat  terbentur (memar), tumor perut, dan kanker saluran cerana dibagian atas. Bunga  digunakan untuk mengatasi terlambat haid, dan bengkak karena gumpalan bekuan  darah. Daun digunakan untuk mengatasi keputihan dan nyeri haid. Akar  digunakan untuk mengatasi rematik, leher kaku, sakit pinggan, terlambat haid.


Contoh Skripsi Farmasi:Karakterisasi Simplisia, Skrining Fitokimia Dan Isolasi Senyawa Flavonoida Dari Daun Tumnbuhan Pacar Air (Impatiens balsamina L.)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.