Contoh Skripsi Farmasi:Pembuatan Bioetanol Dari Ubi Kayu (Manihot utilissima Pohl.) Dengan Jamur Aspergillus awamori Dan Ragi Saccharomyces cerevisiae



BAB I
 PENDAHULUAN  
1.1. Latar Belakang  
Bioetanol adalah etanol yang dihasilkan dari biomassatau bahan baku  alami melalui proses fermentasi. Fermentasi dapat diartikan sebagai suatu  perubahan gradual bahan tertentu oleh enzim bakteri, jamur dan ragi. Contoh  perubahan kimia dari fermentasi meliputi pengasaman s, fermentasi alkohol  serta oksidasi senyawanitrogen organik (Hidayat N., dkk. 2006).
Ragi yang sering dipergunakan dalam pembuatan bioetanol adalah ragi  dari jenis  Saccharomyces cerevisiae  Hansen. Fermentasi menggunakan  Saccharomyces cerevisiaeHansen. saja akan menghasilkan etanol dalam jumlah  yang kecil karena proses sakarifikasi hanya berlangsung selama proses destruksi  pati dengan pemanasan. Sehingga jumlah etanol yang dihasilkan tidak optimal.

Oleh karena itu diperlukan suatu carauntuk menghidrolisis pati menjadi glukosa  dalam jumlah yang lebih banyak (Suharto. 1995).
Salah satu solusi yang dapat dipakai adalah dengan memanfaatkan  mikroorganisme lain untuk dikombinasi dengan Saccharomyces cerevisiae Hansen. dalam proses fermentasi sehingga etanol yang dihasilkan lebih banyak.
Beberapa penelitian serupa tentang pembuatan bioetanol telah dilakukan di  berbagai negara termasuk di Indonesia, di Thailand, pembuatan bioetanol dari  tumbuhan “Artichoke Jerusalem” dilakukan dengan menggunakan bakteri  Zyomomonas mobilisdan ragi Saccharomyces cerevisiae Hansen., di Amerika  Serikat, dilakukan penelitian pembuatan bioetanol dari pati kentang dengan  menggunakan jamur Aspergillus nigerdan ragi Saccharomyces cerevisiae  Hansen. yang dikultur bersama (cocultures). Penelitian-penelitian tersebut adalah  yang mendasari dilakukannya penelitian bioetanol ini, dimana mikroorganisme  yang digunakan untuk dikombinasikan dengan ragi Saccharomyces cerevisiae Hansen. adalah jamur Aspergillus awamoriNakaz. yang sebelumnya di Jepang  digunakan dalam penelitian mengenai uji aktivitas enzim α-amilase yakni enzim  yang sama yang berperan dalam memecah pati menjadi molekul glukosa dan oleh  sebab itu dengan mengkombinasikan jamur Aspergillus awamoriNakaz. ini dan  ragi Saccharomyces cerevisiaeHansen. selama berlangsungnya proses fermentasi  diharapkan akan meningkatkan jumlah etanol yang diperoleh. Jamur Aspergillus  awamoriNakaz. berasal dari hasil isolasi kojiatau yang sering disebut sebagai  starterdalam pembuatan sake di Jepang yang menurut hasil penelitian memiliki  aktivitas enzim α-amylase yang kuat. (Toyama dan Koshin, 1967; Onsoy, dkk.


Contoh Skripsi Farmasi:Pembuatan Bioetanol Dari Ubi Kayu (Manihot utilissima Pohl.) Dengan Jamur Aspergillus awamori Dan Ragi Saccharomyces cerevisiaeDownloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.