Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Antara Pola Makan dengan Status Gizi Pada Anak Murid 9-12 Tahun di Sekolah Dasar



BAB 1
 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang  
Kesehatan, pendidikan, dan ekonomi merupakan tiga pilar utama penentu  kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Laporan  United Nations  Development Programmed (UNDP) menunjukkan bahwa pada tahun 2004, indeks  pembangunan manusia (IPM) Indonesia menduduki peringkat 111 dari 177  negara, lebih rendah dibandingkan dengan peringkat IPM negara-negara lain di  Asia Tenggara. Rendahnya IPM di Indonesia sangat dipengaruhi oleh rendahnya  status gizi dan kesehatan penduduk (Dinkes, 2009). Data statistik memperlihatkan  banyak persoalan kekurangan gizi yang perlu diselesaikan (Bappenas, 2010).

Salah satu faktor penentu pencapaian Millenium Development Goals  (MDG)  adalah masalah gizi. Oleh karena hal tersebut maka setiap negara secara bertahap  harus mampu mengurangi jumlah balita yang bergizi buruk atau kurang gizi  sehingga mencapai 15% pada tahun 2015 (UNICEF, 1998).
Berdasarkan laporan Riskesdas tahun 2013,  sebanyak 15 provinsi di  Indonesia telah digolong sebagai provinsi yang mempunyai status gizi sangat  pendek (TB/U). Ini terdiri atas Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Aceh,  Sumatera Selatan, Jambi, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Bengkulu, Maluku,  Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, dan Papua.
Sedangkan secara nasional prevalensi status gizi kurus (IMT/U) pada anak umur  5-12 tahun adalah 11,2%, terdiri dari 4,0% sangat kurus dan 7,2% kurus.
Berbagai masalah kesehatan dijumpai di kalangan anak usia sekolah, di  antaranya adalah kurangnya pertumbuhan fisik secara optimal (Santoso, 2004).
Nutrisi adalah salah satu komponen yang penting dalam menunjang  keberlangsungan proses pertumbuhan dan perkembangan. Apabila kebutuhan  nutrisi seseorang tidak atau kurang terpenuhi maka dapat menghambat  pertumbuhan dan perkembangan (Hidayat, 2007). Menurut Khomsan (2003),  seorang anak yang sehat dan normal akan tumbuh sesuai dengan potensi genetik  yang dimilikinya. Tetapi pertumbuhan ini juga akan dipengaruhi olehintake zat  gizi yang dikonsumsi dalam bentuk makanan.


Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Antara Pola Makan dengan Status Gizi Pada Anak Murid 9-12 Tahun di Sekolah Dasar
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.