Contoh Skripsi Farmasi:Senyawa Antrakuinon Hasil Isolasi Dari Umbi Bawang Sabrang (Eleutherine Palmifolia (L.) Merr)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Tumbuhan merupakan keragaman hayati yang selalu ada di sekitar kita,  baik itu yang tumbuh secara liar maupun yang sengaja dibudidayakan. Sejak zaman dahulu, tumbuhan sudah digunakan sebagai tanaman obat, walaupun  penggunaannya disebarkan secara turun-temurun maupun dari mulut ke mulut  (Yuniarti, 2008).
Indonesia kaya akan berbagai keanekaragaman hayati yang berpotensi  untuk dikembangkan sebagai obat atau bahan baku obat (Fajiriah, dkk., 2007).

Ini diduku ng dengan penelitian ilmiah, tumbuhan secara fungsional tidak lagi  dipandang sebagai bahan konsumsi maupun penghias saja, tetapi juga sebagai  tanaman obat yang multi fungsi. Mengingat biaya pengobatan yang tidak  terjangkau oleh semua orang, pengobatan alamiah dengan tanaman obat  tradisional dipandang sebagai alternatif yang terjangkau dan back to nature.
Bahkan untuk fungsinya sebagai tanaman obat sudah dikomersialkan sebagai  lahan income yang sangat menguntungkan (Yuniarti, 2008).
Kimia bahan alam sangat penting peranannya dalam rangka pemanfaatan  zat-zat kimia yang tersedia di alam, terutama senyawa-senyawa yang aktif secara  farmakologi sangat penting ditinjau dari berbagai segi, misalnya senyawa alam  hayati umumnya memiliki efek samping yang ringan atau hampir tidak ada  dibandingkan dengan senyawa sintetik (Nawawi, dkk., 2010).
 Salah satu tumbuhan berkhasiat dan digunakan sebagai obat adalah  umbi dari tumbuhan bawang sabrang (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) dimana  tumbuhan ini termasuk ke dalam suku Iridaceae. Tumbuhan ini dapat tumbuh  hampir di setiap daerah di Indonesia seperti di Jawa, Sumatera dan Kalimantan.
Bentuk dan warna umbi bawang sabrang mirip dengan bawang merah (Nawawi,  dkk., 2010). Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tanaman bawang  sabrang memiliki hampir semua kandungan fitokimia yaitu alkaloid, glikosida,  flavonoid, fenolik, steroid dan antrakuinon (Galingging, 2007; Ifesan, et al.,  2009). Senyawa antrakuinon mempunyai beberapa macam fungsi yaitu antiseptik,  antibakteri, antikanker, pencahar (Anonim, 2004; Gunawan, 2004; Samuelsson,  1999).


Contoh Skripsi Farmasi:Senyawa Antrakuinon Hasil Isolasi Dari Umbi Bawang Sabrang (Eleutherine Palmifolia (L.) Merr)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.