Contoh Skripsi Farmasi:Analisis Efektivitas Biaya Kloramfenikol dan Seftriakson pada Pengobatan Demam Tifoid Dewasa Rawat Inap di Rumah Sakit



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah biaya kesehatan sejak beberapa tahun ini telah banyak menarik  perhatian. Sementara itu sesuai dengan kebijakan pemerintah, tenaga kesehatan  diharapkan dapat lebih mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dalam  menjawab berbagai tantangan tersebut diperlukan pemikiran-pemikiran khs dalam  meningkatkan efisiensi atau penggunaan dana secara lebih rasional (Trisna, 2010).
Biaya pelayanan kesehatan khsnya biaya obat telah meningkat tajam  beberapa dekade terakhir, dan kecenderungan ini tampaknya akan terus berlanjut. Hal  ini antara lain disebabkan populasi pasien usia lanjut yang semakin banyak dengan  konsekuensi meningkatnya penggunaan obat, adanya obat-obat baru yang lebih mahal  dan perubahan pola pengobatan.
Di sisi lain, sumber daya yang dapat digunakan  terbatas sehingga harus dicari cara agar pelayanan kesehatan menjadi efisien dan  ekonomis. Tidak hanya meneliti penggunaan dan efek obat dalam hal khasiat dan  keamanan saja, tetapi juga menganalisis dari segi ekonominya. Studi khs yang  mempelajari hal tersebut dikenal dengan nama farmakoekonomi (Trisna, 2010).
Farmakoekonomi dapat didefenisikan sebagai perhitungan antara biaya yang  dikeluarkan dengan dampaknya pada penyembuhan penyakit. Penerapan  farmakoekonomi dapat dilakukan untuk mengukur kelebihan suatu obat dibandingkan  dengan obat lain berdasarkan metode analisis farmakoekonomi yang salah satuya  adalah analisis efektivitas biaya (Putera, 2008).
Analisis efektivitas biaya merupakan salah satu cara untuk menilai dan  memilih program terbaik bila terdapat beberapa program berbeda dengan tujuan yang   sama untuk dipilih. Kriteria penilaian program mana yang akan dipilih adalah  berdasarkan total biaya dari masing-masing alternatif program sehingga program yang  mempunyai total biaya terendahlah yang akan dipilih oleh para analis/pengambil  keputusan (Tjiptoherijanto, 1994).


Contoh Skripsi Farmasi:Analisis Efektivitas Biaya Kloramfenikol dan Seftriakson pada Pengobatan Demam Tifoid Dewasa Rawat Inap di Rumah Sakit
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.