Contoh Skripsi Farmasi:Formulasi Sediaan Gel Antioksidan Ekstrak Etanol Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.) Berbasis HPMC



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Obat-obat sediaan topikal selain mengandung bahan berkhasiat juga  bahan tambahan (pembawa) yang berfungsi sebagai pelunak kulit, pembalut  pelindung, maupun pembalut penyumbat (Lachman,dkk., 1994). Salah satu bahan  pembawa yang biasa digunakan dalam sediaan topikal adalah gel yang dibuat dari  partikel anorganik maupun molekul organik (Ditjen POM, 1995).
 Sediaan dalam bentuk gel banyak digunakan karena mudah mengering dan  membentuk lapisan film sehingga mudah dicuci.
Bahan pembentuk gel yang biasa  digunakan adalah turunan selulosa seperti metil selulosa (CMC), karbomel dan  hidroksi propil metil selulosa  (HPMC). HPMC  dapat menghasilkan gel yang  netral, jernih, tidak berwarna dan tidak berasa, stabil pada pH 3 hingga 11,  mempunyai resistensi yang baik terhadap serangan mikroba serta memberikan  kekuatan film yang baik bila mengering pada kulit (Suardi, dkk., 2008) Gel mempunyai beberapa keuntungan diantaranya tidak lengket,  mempunyai aliran tiksotropik dan pseudoplastik yaitu gel berbentuk padat apabila  disimpan dan akan segera mencair bila dikocok. Konsentrasi bahan untuk  membentuk massa gel yang baik dibutuhkan hanya sedikit, disamping itu  viskositas gel tidak mengalami perubahan yang berarti pada suhu penyimpanan  (Sihombing, dkk., 2009). Sediaan semipadat biasanya digunakan pada kulit dan  umumnya sediaan tersebut digunakan sebagai pelindung dari sinar ultraviolet  (UV) matahari. Sinar ultraviolet (UV) sering disebut sebagai faktor penuaan dini   atau premature aging. Saat ini berbagai sediaan kosmetika perawatan kulit banyak  mengandung senyawa antioksidan. Disamping itu antioksidan diperlukan untuk  melindungi kulit dari pengaruh negatif akibat adanya radikal bebas (Rusdiana,  dkk., 2007).


Contoh Skripsi Farmasi:Formulasi Sediaan Gel Antioksidan Ekstrak Etanol Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.) Berbasis HPMC
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.