Skripsi Akuntansi:Sistem Pengendalian Internal Gaji Karyawan pada PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)

BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dewasa ini telah mendorong  persaingan yang semakin ketat diantaraperusahaan, baik perusahaan yang  bergerak di bidang jasa, perdagangan, maupun industri, dan perusahaanperusahaan tersebut dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya  yang dimiliki, agar mampu bertahan (survive) dan terus berkembang  (growth). Ini dimaksudkan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan, yang  pada umumya adalah untuk memperoleh laba. Proses pencapaian tujuan yang  dimaksud harus melalui serangkaian kegiatan operasional yang bersifat  efektif dan efisien. Di dalam pencapaiantujuan tersebut perusahaan mutlak  memerlukan tenaga manusia (karyawan) sebagai penggerak operasi  perusahaan. Para karyawan akan  memberikan apa yang terbaik bagi  perusahaan baik berupa tenaga, pikiran, dan pengalaman yang mereka miliki.

Sebagai imbalannya perusahaan wajib memberikan sejumlah uang kepada  mereka yang lazim disebut gaji.
Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan, akan semakin sulit  pengendalian terhadap seluruh kegiatanoperasi perusahaan dilaksanakan,  serta semakin besar pula kemungkinan terjadinya penyelewengan. Tidak  jarang terjadi pada suatu perusahaan mengalami kerugian yang tidak sedikit  disebabkan adanya kesalahan, pemborosan, dan penyelewengan. Untuk  mencegah atau memperkecil kecurangan dan penyimpangan tersebut sangat   2  diperlukan pengawasan internal yang memadai. Hampir semua jenis  perusahaan sepakat untuk memusatkanperhatian pada penataan sistem  pengawasan internal yang meliputi pemberlakuan sistem akuntansi yang baik  yaitu penciptaan prosedur-prosedur akuntansi yang dapat mencegah  timbulnya praktek-praktek penyelewengan yang merugikan perusahaan,  penciptaan sistem komunikasi yang mencakup seluruh kegiatan manajemen.
Demikian juga dalam kegiatan yang berhubungan dengan gaji serta  pembayarannya, harus ditetapkan sistem pengawasan internal yang memadai,  karena gaji merupakan suatu pos yang cukup besar dan penggajian  merupakan suatu bidang kegiatan yang di dalamnya sering terjadi  pemborosan-pemborosan sumber ekonomi perusahaan disebabkan karena  tidak adanya efisiensi dan timbulnya kecurangan.
Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menyelewengkan gaji,  antara lain :  1.  Memperbesar gaji dengan memasukkan nama karyawan fiktif.
2.  Menahan gaji yang tidak diambil oleh pihak yang berhak.
3.  Sengaja tidak mencatat pengurangan atas gaji karyawan.
4.  Memperbesar dengan sengaja jumlahpengahasilan karyawan dengan  menambah jam kerjanya.
5.  Sengaja meperbesar penjumlahan dalam daftar gaji.
6.  Tetap mencantumkan nama mantankaryawan dalam daftar gaji.
Pengawasan internal yang lemah dapat menimbulkan kecurangan dan  penyelewengan yang pada akhirnya akan mengakibatkan kerugian bagi   3  perusahaan. Semakin efektif pengendalian internal dalam perusahaan,  semakin kecil kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan dan  pemborosan-pemborosan yang dapat merugikan perusahaan.
Jadi, gaji merupakan bagian yang sangat penting yang pengendaliannya  harus mendapat perhatian yang seriusdari pihak pimpinan perusahaan.
Dengan alasan ini, penulis terdorong untuk mengetahui sampai sejauh mana  usaha pimpinan perusahaan di PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)  dalam menjalankan dan menerapkan pengendalian terhadap gaji karyawan.
Untuk itu penulis akan membahas masalah tersebut dalam penynan Tugas  Akhir dengan judul “Sistem Pengendalian Internal Gaji Karyawan pada  PT. Permodalan Nasional Madani (Persero).”  B.  Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang menjadi fokus penelitian penulis  adalah sebagai berikut :  1.  Apakah PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) telah menerapkan  sistem pengendalian internal pada pemberian gaji karyawan ?  2.  Bagaimana sistem pengendalian internal gaji karyawan yang dilakukan  oleh PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) ?  3.  Apakah sistem pengendalian internalgaji karyawan pada PT. Permodalan  Nasional Madani (Persero) telah berjalan efektif dan efisien ?   4  C.  Tujuan dan Manfaat  1.  Tujuan Survey/Observasi  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :  a. Untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada  Program Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis  .
b. Untuk memperoleh gambaran apakah sistem pengendalian internal  terhadap gaji karyawan pada PT. Permodalan Nasional Madani  (Persero) telah berjalan efektif.
c. Untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem pengendalian internal  gaji karyawan pada PT. Permodalan Nasional Madani (Persero).
2.  Manfaat Penelitian  Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :  a. Dapat digunakan untuk menambah wawasan pikiran dan pengetahuan  tentang sistem pengendalian internal gaji karyawan pada PT.

Permodalan Nasional Madani (Persero)  b. Bagi perusahaan dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat  perencanaan dan kebijaksanaan yang tepat untuk masa yang akan  datang.

Skripsi Akuntansi:Sistem Pengendalian Internal Gaji Karyawan pada PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.