Skripsi Akuntansi:Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional Pada RSUP Haji Adam Malik

BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang Masalah   Setiap perusahaan mempunyai tujuan dan sasaran yang hendak dicapai  dalam kegiatan operasionalnya. Secara umum setiap perusahaan baik yang  begerak di bidang jasa, dagang maupun industri mempunyai tujuan untuk  mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, perkembangan perusahaan,  dan juga untuk memperoleh laba secara maksimal. Tujuan-tujuan tersebut  dapat dicapai secara maksimal melalui perencanaan dan pengawasan yang  baik terhadap biaya operasional perusahaan.

 Perencanaan dan pengawasan merupakan dua sisi yang berbeda tetapi  mempunyai hubungan yang erat dan saling melengkapi. Dalam arti  pengawasan akan berfungsi karena adanya perencanaan dan sebaliknya  perencanaan tidak berarti bila tidak ada pengawasan yang baik. Perencanaan  merupakan suatu proses penentuan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan  diwaktu yang akan datang, yang di dalamnya terdapat strategi dan teknik  yang akan dilakukan dengan menggunakan sumber daya yang ada untuk  mencapai tujuan perusahaan.
 Perencanaan yang baik akan membantu manajemen dalam melakukan  pengawasan. Untuk memperoleh perencanaan biaya operasional yang  tersn dengan baik dan sistematis, manajemen harus menyn suatu  perencanaan atas masing-masing elemen biaya operasi secara hati-hati  sebagai tolak ukur yang akan dicapai. Jika rencana yang telah ditetapkan   2        berbeda dengan realisasinya, maka manajemen harus mengambil tindakan korektif  sebagai tindak lanjut dari fungsi pengawasan.
Pengawasan merupakan suatu kegiatan penilaian dan perbaikan  tentang aktivitas yang dilaksanakan untuk mengetahui sampai sajauh mana  pelaksanaan rencana telah dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pengawasan bukan hanya mencari kesalahan, tetapi juga mencegah dan  memperbaiki kesalahan tersebut. Sehingga berdasarkan kesalahan-kesalahan  itu dapat diambil tindakan agar keseluruhan pelaksanaan benar-benar sesuai  atau mendekati apa yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan adanya  pengawasan, perusahaan akan lebih efisien dalam menggunakan dananya  untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan sehingga pemborosan  dapat ditekan seminimal mungkin.
 Keberhasilan pengawasan jugaditentukan oleh beberapa unsur seperti  struktur organisasi, prosedur kerja, rencana  kerja yang baik. Selain itu  pencatatan dan pelaporan biaya operasional sebagai umpan balik pelaksanaan  fungsi perencanaan sangatlah dominan karena tanpa adanya laporan tersebut  sulit untuk mengukur hasil guna suatu aktivitas usaha. Salah satu bentuk  perencanaan yang penting adalah anggaran (budget). Anggaran merupakan  penjabaran dari fungsi perencanaan, anggaran memberikan manajemen  proyeksi yang dapat dipercaya mengenai hasil-hasil dari rencana sebelum  rencana tersebut dilaksanakan. Oleh karena itu, pada waktu mempersiapkan  anggaran pihak manajemen perusahaan harus memperhatikan dan  menyelediki faktor-faktor yang mempengaruhi anggaran tersebut.
 3         Dalam penynan rancangan anggaran, pihak manajemen perusahaan  harus mempertimbangkan laporan realisasi anggaran pada periode  sebelumnya khsnya biaya operasional. Dengan adanya laporan realisasi  biaya operasional dapat diketahui selisih yang terjadi antara anggaran dan  realisasi, baik yang bersifatmenguntungkan maupun yang bersifat  merugikan. Selain itu dapat jugadiketahui penyebab terjadinya  penyimpangan tersebut dan tindakan apa yang dilakukan untuk  meminimalkan penyimpangan yang mungkin terjadi dimasa yang akan  datang.
Dengan demikian tingkat efisiensi yang tinggi dalam perusahaan dapat  dicapai yang nantinya akan berpengaruh pada tingkat laba. Unsur  perencanaan dan pengawasan biaya operasional ini harus dijalankan dengan  baik. Sebaiknya perusahaan dapat  membuat perkiraan-perkiraan dan  dampaknya terhadap perusahaan, karena apabila perusahaan salah dalam  memproyeksikannya akan mempengaruhi kegiatan usaha.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk meneliti mengenai  perencanaan dan pengawasan biaya operasional perusahaan, yang selanjutnya  memilih topik tugas akhir ini dengan judul “Perencanaan Dan Pengawasan  Biaya Operasional Pada RSUP Haji Adam Malik ”.
B.  Rumusan Masalah  Untuk mencapai hasil yang baik dan terarah, perlu ditetapkan apa  yang menjadi masalah pokok pada RSUP Haji Adam Malik  yang  dijadikan objek penelitian. Oleh karenaitu dalam pembahasan lebih lanjut   4        peneliti membatasi diri hanya merumuskan permasalahan tentang: ”Apakah  perencanaan dan pengawasan biaya operasional pada RSUP Haji Adam  Malik  telah efektif ?”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian  1. Tujuan penelitian  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah  perencanaan dan pengawasan biaya operasional pada RSUP Haji Adam  Malik  telah efektif.
2. Manfaat penelitian  Penelitian yang dilakukan penelitipada RSUP Haji Adam Malik   diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti, bagi rumah sakit, dan  bagi peneliti lain.
a. Bagi peneliti yaitu sebagai bahan masukan apabila dimintai pendapat  mengenai perencanaan dan pengawasan biaya operasional pada RSUP  Haji Adam Malik .
b. Bagi RSUP Haji Adam Malik , diharapkan dari hasil penelitian  dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki  perencanaan dan pengawasan biaya operasional pada rumah sakit di  masa yang akan datang.

c. Bagi peneliti lain, yaitu sebagai bahan masukan untuk  menyempurnakan penelitian-penelitian sejenis berikutnya.

Skripsi Akuntansi:Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional Pada RSUP Haji Adam Malik
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.