BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk dapat
memperoleh laba, tumbuh dan berkembang
serta mempunyai kelangsungan hidup yang lama. Tujuan tersebut akan dapat dicapai apabila perusahaan mampu
melakukan aktivitas pemasaran yang terencana
dengan baik. Pemasaran merupakan salah
satu kegiatan manajemen terpenting
diantara kegiatan – kegiatan manajemen
lainnya. Dengan aktivitas pemasaran,
perusahaan dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan konsumen.
Perkembangan dunia pemasaran
dewasa ini sudah semakin pesat seiring dengan
perkembangan dunia bisnis. Berbagai teori dan strategi bermunculan untuk mempertahankan produk agar dapat bertahan di
pasar dan diminati konsumen.
Namun perlu diingat, bahwa
kondisi pasar yang ada pada saat ini tidak sama halnya dengan kondisi pasar yang akan datang.
Sejalan dengan perkembangan dunia
usaha, persaingan antara perusahaan juga
semakin meningkat. Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut untuk mengelola usahanya sebaik mungkin. Untuk dapat
menciptakan keunggulan dalam persaingan
dan dapat tumbuh dan bertahan sehingga berhasil memenangkan persaingan dan memperoleh laba, perusahaan
perlu memperluas pangsa pasar. Hal ini
berarti perusahaan harus menetapkan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan.
.
Kebutuhan akan telepon dimasa sekarang ini
sangat tinggi, telepon digunakan sebagai
alat komunikasi utama dalam berhubungan dengan orang lain, dengan adanya telepon maka akan mempermudah penyampaikan
informasi.
PT. Telkomsel merupakan perusahaan yang bergerak dalam
bidang jasa komunikasi, khsnya jasa
komunikasi telepon bergerak (seluler), atau sebagai salah satu operator GSM (Global System Mobile). Untuk mempertahankan keberadaan dan tetap diminati pelanggan,
perusahaan menetapkan strategi pemasaran,
salah satunya adalah keputusan-keputusan pokok mengenai target pasar, penempatan produk di pasar.
Kebutuhan pelanggan akan
komunikasi seluler yang berkualitas dengan layanan purna jual yang terdepan serta kian
terjangkau dijawab oleh Telkomsel dengan
meluncurkan kartu perdana baru yang diberi nama
simPATI PeDe (Per Detik). Untuk
menjaga agar konsumen selalu loyal terhadap Telkomsel, maka pihak Telkomsel mengeluarkan simPATI PeDesebagai
pilihan alternatif untuk pelanggan Telkomsel
dengan tarif Rp 0,5 per detik sepanjang hari ke semua pelanggan Telkomsel di Kota , selanjutnya pelanggan
langsung dapat menikmati tarif Rp 0,5
perdetik untuk menit berikutnya.
Pengukuran loyal atau tidaknya
seorang pelanggan dapat diukur dari seberapa murah tarif yang diberikan oleh PT. Telko
msel, menurut Kotler (2001) pengukuran tarif
dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu harga yang merupakan suatu ukuran pengganti untuk mutu produk manakala para
pembeli mengalami kesulitan dalam mengevaluasi
produk yang kompleks, biaya merupakan pemakaian barang-barang yang bernilai untuk mencapai hasil (output)
yang berkaitan dengan besarnya biaya yang
harus dikeluarkan, kualitas merupakan atribut produk yang dipertimbangkan .
dari segi manfaat fisiknya, dan layanan
merupakan setiap kegiatan atau manfaat yang
ditawarkan suatu pihak lain, yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Jika keempat
hal diatas dilaksanakan dan dijalankan
dengan baik maka akan menciptakan kepuasan pelanggan secara maksimal dan apabila kepuasan yang dicapai
telah maksimal maka pelanggan menjadi
loyal atau setia terhadap produk yang dikeluarkan Telkomsel yaitu simPATI PeDe.
Berdasarkan hasil pra survey yang
dilakukan oleh penulis di PT. Telkomsel ,
pengguna kartu simPATI PeDe berasal dari berbagai golongan mulai dari karyawan kantor, Mahasiswa, Pelajar,
Guru/Dosen dan yang lainnya. Walaupun masih
ada beberapa kelemahan kartu Simpati PeDe ini jika dibandingkan dengan kartu jenis yang lainnya dan sudah banyak
kartu dengan tarif murah yang bermunculan,
namun para pengguna kartu simPATI PeDe
ini tetap setia menggunakan
kartunya.
Berdasarkan uraian diatas, maka
penulis tertarik mengadakan penelitian dengan
judul “Pengaruh tarif Rp.0,5 Perdetik Kartu simPATI PeDe terhadap loyalitas pelanggan di PT. Telko msel ”.
B. Perumusan Masalah Adapun
perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah tarif Rp.0,5 Perdetik
Kartu simPATI PeDe mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan PT. Telko msel .
2. Variabel Tarif kartu Simpati PeDe (harga,
biaya, kualitas, dan layanan) mana yang
paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan ? .
C. Kerangka Konseptual Kebijakan tarif pesaing
menjadi acuan utama dalam menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk itu terbuka
kemungkinan terjadinya variasi tarif yang dipicu oleh pesaing seperti tarif berdasarkan
kelompok pelanggan, potongan harga, harga
promosi, penawaran khs dalam periode tertentu. Selain itu tarif juga berguna dalam menentukan harga, biaya,
kualitas, dan layanan yang akan diberikan sehingga akan membuat pelanggan menjadi loyal.
Kerangka konseptual yang Penulis
ajukan dapat dilihat pada Gambar 1.1 berikut
ini : Gambar 1.1 Kerangka Konseptual Sumber : Kotler(2001), diolah penulis D.
Hipotesis Berdasarkan perumusan masalah, maka penulis mengemukakan hipotesis
sebagai berikut : 1. Tarif Rp 0.5 perdetik Kartu simPATI PeDe
berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan di PT. Telko msel 2.
Kualitas berpengaruh signifikan terhadapat loyalitas pelanggan kartu Simpati PeDe.
E. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.
Tujuan Penelitian Loyalitas pelanggan (Y) Tarif Kartu Simpati PeDe (X) : 1. Harga (X1) 2.
Biaya (X2) 3. Kualitas (X3) 4. Layanan (X4)
.
Tujuan penelitian ini untuk : a. Mengetahui dan menganalisis variabel-variabel
Tarif 0,5 perdetik Kartu simPATI PeDe berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada PT.
Telko msel b. Mengetahui variabel yang paling dominan
mempengaruhi tarif 0,5 perdetik simPATI
PeDe terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telko msel 2. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian
ini adalah sebagai berikut : a. Bagi Penulis Penelitian ini merupakan suatu
kesempatan bagi penulis utuk menerapkan teori-teori
dan literatur yang penulis peroleh dari bangku kuliah kemudian memperdalam pengetahuan di bidang manajemen
pemasaran khsnya dalam riset pasar.
b. Bagi Perusahaan Sebagai bahan masukan bagi
perusahaan dalam memberikan informasi yang berguna bagi tarif Rp.0,5 Perdetik Kartu
simPATI PeDe yang dilaksanakan dalam meningkatkan
loyalitas pelanggan.
c. Bagi Pihak lain Sebagai bahan referensi yang
dapat menjadi bahan perbandingan dalam melakukan
penelitian dimasa yang akan datang.
Skripsi Manajemen:Pengaruh Tarif Rp. 0,5 Perdetik Kartu Simpati Pede Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Telkomsel
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI
Bab I
|
Download
| |
Bab II
|
Download
| |
Bab III - V
|
Download
| |
Daftar Pustaka
|
Download
| |
Lampiran
|
Download
|