Skripsi Manajemen:Pengaruh Tarif Rp. 0,5 Perdetik Kartu Simpati Pede Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Telkomsel


BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang  Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk dapat memperoleh laba, tumbuh  dan berkembang serta mempunyai kelangsungan hidup yang lama. Tujuan tersebut  akan dapat dicapai apabila perusahaan mampu melakukan aktivitas pemasaran yang  terencana dengan baik.  Pemasaran merupakan salah satu kegiatan manajemen  terpenting diantara kegiatan  – kegiatan manajemen lainnya. Dengan aktivitas  pemasaran, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan konsumen.
Perkembangan dunia pemasaran dewasa ini sudah semakin pesat seiring  dengan perkembangan dunia bisnis. Berbagai teori dan strategi bermunculan untuk  mempertahankan produk agar dapat bertahan di pasar dan diminati konsumen.
Namun perlu diingat, bahwa kondisi pasar yang ada pada saat ini tidak sama halnya  dengan kondisi pasar yang akan datang.

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha, persaingan antara perusahaan  juga semakin meningkat. Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut untuk  mengelola usahanya sebaik mungkin. Untuk dapat menciptakan keunggulan dalam  persaingan dan dapat tumbuh dan bertahan sehingga berhasil memenangkan  persaingan dan memperoleh laba, perusahaan perlu memperluas pangsa pasar. Hal  ini berarti perusahaan harus menetapkan strategi bersaing yang tepat bagi  perusahaan.
 .
 Kebutuhan akan telepon dimasa sekarang ini sangat tinggi, telepon digunakan  sebagai alat komunikasi utama dalam berhubungan dengan orang lain, dengan  adanya telepon maka akan mempermudah penyampaikan informasi.
PT. Telkomsel  merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa  komunikasi, khsnya jasa komunikasi telepon bergerak (seluler), atau sebagai  salah satu operator GSM  (Global System Mobile). Untuk mempertahankan  keberadaan dan tetap diminati pelanggan, perusahaan menetapkan strategi  pemasaran, salah satunya adalah keputusan-keputusan pokok mengenai target pasar,  penempatan produk di pasar.
Kebutuhan pelanggan akan komunikasi seluler yang berkualitas dengan  layanan purna jual yang terdepan serta kian terjangkau dijawab oleh Telkomsel  dengan meluncurkan kartu perdana baru yang diberi nama  simPATI PeDe (Per  Detik). Untuk menjaga agar konsumen selalu loyal terhadap Telkomsel, maka pihak  Telkomsel mengeluarkan simPATI PeDesebagai pilihan alternatif untuk pelanggan  Telkomsel dengan tarif Rp 0,5 per detik sepanjang hari ke semua pelanggan  Telkomsel di Kota , selanjutnya pelanggan langsung dapat menikmati tarif Rp  0,5 perdetik untuk menit berikutnya.
Pengukuran loyal atau tidaknya seorang pelanggan dapat diukur dari seberapa  murah tarif yang diberikan oleh PT. Telko msel, menurut Kotler (2001) pengukuran  tarif dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu harga yang merupakan suatu ukuran  pengganti untuk mutu produk manakala para pembeli mengalami kesulitan dalam  mengevaluasi produk yang kompleks, biaya merupakan pemakaian barang-barang  yang bernilai untuk mencapai hasil (output) yang berkaitan dengan besarnya biaya  yang harus dikeluarkan, kualitas merupakan atribut produk yang dipertimbangkan   .
 dari segi manfaat fisiknya, dan layanan merupakan setiap kegiatan atau manfaat  yang ditawarkan suatu pihak lain, yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak  mengakibatkan kepemilikan apapun. Jika keempat hal diatas dilaksanakan dan  dijalankan dengan baik maka akan menciptakan kepuasan pelanggan secara  maksimal dan apabila kepuasan yang dicapai telah maksimal maka pelanggan  menjadi loyal atau setia terhadap produk yang dikeluarkan Telkomsel yaitu simPATI  PeDe.
Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan oleh penulis di PT. Telkomsel  , pengguna kartu simPATI PeDe berasal dari berbagai golongan mulai dari  karyawan kantor, Mahasiswa, Pelajar, Guru/Dosen dan yang lainnya. Walaupun  masih ada beberapa kelemahan kartu Simpati PeDe ini jika dibandingkan dengan  kartu jenis yang lainnya dan sudah banyak kartu dengan tarif murah yang  bermunculan, namun  para pengguna kartu  simPATI PeDe  ini tetap setia  menggunakan kartunya.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian  dengan judul “Pengaruh tarif Rp.0,5 Perdetik Kartu simPATI PeDe  terhadap  loyalitas pelanggan di PT. Telko msel ”.
B. Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah tarif Rp.0,5 Perdetik Kartu simPATI PeDe mempunyai pengaruh yang  positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Telko msel .
2.  Variabel Tarif kartu Simpati PeDe (harga, biaya, kualitas, dan layanan) mana  yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan ?  .
 C. Kerangka Konseptual Kebijakan tarif pesaing menjadi acuan utama dalam menentukan tindakan  yang akan diambil. Untuk itu terbuka kemungkinan terjadinya variasi tarif yang  dipicu oleh pesaing seperti tarif berdasarkan kelompok pelanggan, potongan harga,  harga promosi, penawaran khs dalam periode tertentu. Selain itu tarif juga  berguna dalam menentukan harga, biaya, kualitas, dan layanan yang akan diberikan  sehingga akan membuat pelanggan menjadi loyal.
Kerangka konseptual yang Penulis ajukan dapat dilihat pada Gambar 1.1  berikut ini : Gambar 1.1 Kerangka Konseptual Sumber : Kotler(2001), diolah penulis D. Hipotesis Berdasarkan perumusan masalah, maka penulis mengemukakan hipotesis sebagai  berikut :  1. Tarif Rp 0.5 perdetik Kartu simPATI PeDe berpengaruh positif dan signifikan  terhadap loyalitas pelanggan di PT. Telko msel  2. Kualitas berpengaruh signifikan terhadapat loyalitas pelanggan kartu Simpati  PeDe.
E. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian Loyalitas pelanggan (Y) Tarif Kartu Simpati PeDe (X) : 1.  Harga (X1) 2.  Biaya (X2) 3.  Kualitas (X3) 4.  Layanan (X4)  .
 Tujuan penelitian ini untuk : a.  Mengetahui dan menganalisis variabel-variabel Tarif 0,5 perdetik Kartu simPATI PeDe berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas  pelanggan pada PT. Telko msel  b.  Mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi tarif 0,5 perdetik  simPATI PeDe terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telko msel  2. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :  a.  Bagi Penulis Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis utuk menerapkan  teori-teori dan literatur yang penulis peroleh dari bangku kuliah kemudian  memperdalam pengetahuan di bidang manajemen pemasaran khsnya  dalam riset pasar.
b.  Bagi Perusahaan Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam memberikan informasi yang  berguna bagi tarif Rp.0,5 Perdetik Kartu simPATI PeDe yang dilaksanakan  dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
c.  Bagi Pihak lain Sebagai bahan referensi yang dapat menjadi bahan perbandingan dalam  melakukan penelitian dimasa yang akan datang.


Skripsi Manajemen:Pengaruh Tarif Rp. 0,5 Perdetik Kartu Simpati Pede Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Telkomsel
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI

Bab I
Download 
 Bab II
 Download 
 Bab III - V
 Download 
Daftar Pustaka
 Download 
Lampiran
Download