Skripsi Manajemen:Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Karyawan Pada PT Telekomunikasi Indonesia


 BAB I PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang Masalah  Kedisiplinan merupakan suatu hal yang menjadi tolak ukur untuk  mengetahui apakah peran manajer atau pimpinan secara keseluruhan dapat  dilaksanakan dengan baik atau tidak. Disiplin juga merupakan bentuk  pengendalian diri karyawan dan pelaksanaan yang teratur menunjukkan tingkat  kesungguhan tim kerja dalam sebuah organisasi, tindakan disiplin menuntut  adanya hukuman terhadap karyawan yang gagal memenuhi standard yang  ditentukan. Oleh karena itu tindakan disiplin tidak diterapkan secara  sembarangan, melainkan memerlukan pertimbangan bijak.
Kesuksesan atau kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh banyak hal,  salah satunya adalah kepemimpinan yang dibangun di dalam organisasi tersebut.

Thoha (2007:7) menyatakan kepemimpinan (leadership) dapat dikatakan sebagai  cara dari seorang pemimpin (leader) dalam mengarahkan, mendorong,dan  mengatur seluruh unsur-unsur dalam kelompok atau organisasi untuk dapat  mencapai tujuan. Seorang pemimpin harus dapat menemukan dan menerapkan  gaya kepemimpinan yang sesuai dengan organisasi bawahan yang dipimpinnya.
Kriteria pemimpin yang sukses adalah apabila pemimpin tersebut mampu  menjadi creator (pencipta) dan motivator (pendorong) bagi bawahannyadengan  menciptakan suasana dan budaya kerja yang dapat memacu peningkatan disiplin  kerja karyawannya.
Disiplin kerja adalah suatu sikap, perilaku yang dilakukan secara sukarela  dan penuh kesadaran serta keadaan untuk mengikuti peraturan yang telah   ditetapkan perusahaan baik tertulis maupun tidak tertulis (Nitisemito, 2006:199).
Perilaku tidak disiplin yang timbul merupakan cerminan dari persepsi negatif  pegawai terhadap kontrol yang dilakukan oleh perilaku pimpinan. Sebaliknya  perilaku disiplin seorang karyawan  yang timbul merupakan cerminan dari  persepsi positif terhadap kontrol atasan atau pimpinan.
Disiplin merupakan suatu proses yang negatif, yaitu suatu yang memaksa  tingkah laku karyawannya yang bermasalah. Sikap seperti ini dapat menimbulkan  perasaan ragu-ragu pada semua orang yang terlibat. Proses disiplin ini dapat  digunakan sebagai sebuah kesempatan untuk membalik sebuah situasi yang  bermasalah menjadi suatu yang menguntungkan semua pihak dan untuk  mengubah perilaku sertta bukan untuk menghukum karyawan yang bermasalah.
Kenyataannya sebagian karyawan perilakunya sesuai dengan harapan organisasi,  dan sebagian lain yang perilakunya cukup diterima, namun ada pula beberapa  karyawan yang sering menimbulkan masalah walaupun tidak semuanya seperti  itu.
Kedisiplinan merupakan salah satu fungsi operatif dari manajer karena  semakin disiplin karyawan, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapainya  dan akan menciptakan karyawan yang berkualitas. Tanpa disiplin karyawan yang  baik, sulit bagi organisasi perusahaan untuk mencapai hasil yang optimal. Disiplin  kerja karyawan dapat dilihat dari kehadiran karyawan setiap hari, ketepatan jam  kerja, mengenakan pakaian kerja dan tanda pengenal, serta ketaatan karyawan  terhadap peraturan.
PT.Telekomunikasi Indonesia Cabang Medan adalah suatu perusahaan  penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan di Indonesia. Seperti yang   dilakukan oleh  karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia cabang Medan,  kepemimpinan dalam kerja merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dan  memiliki pengaruh terhadap disiplin kerja karyawan. Setiap perusahaan selalu  ingin meningkatkan disiplin kerja karyawannya semaksimal mungkin dalam  batas-batas kemampuan perusahaan. Apabila perusahaan lalai dalam  memperhatikan maka disiplin kerja karyawan akanmenurun.
Pimpinan sumber daya manusia PT.Telekomunikasi Indonesia Cabang  Medan merupakan pemimpin yang memiliki kedisiplinan yang tinggi. Salah satu  tindakannya dapat dilihat dari kehadirannya di kantor tepat waktu dan absen  dengan alasan yang jelas. Manajer sumber daya manusia tersebut sebagai  pemimpin salah satu bagian memberikan contoh teladan yang dapat diikuti oleh  karyawan lain. Bagi sebagian karyawan bisa mengikuti sikap disiplin pemimpin  tersebut, namun ada pula beberapa karyawan yang menganggap sikap disiplin  tersebut bersifat negatif yang dikaitkan dengan sanksi atau hukuman.
Salah satu indikator yang digunakan untuk melihat disiplin kerja karyawan adalah  tingkat absensi, ketepatan jam kerja, menyelesaikan tugas sesuai jadwal, dan  ketaatan terhadap peraturan. Maka untuk itu akan dikemukakan jumlah karyawan  dan tingkat absensi karyawan pada PT.Telekomunikasi Indonesia Cabang Medan  seperti padaTabel 1.1 berikut ini :  Tabel 1.1  Daftar Absensi Karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia Cabang  Medan Sumber : Sumber Daya Manusia PT.Telekomunikasi Indonesia Cabang Medan  (2009),diolah  Keterangan : Sakit dengan Keterangan = Sakit dengan keterangan surat dokter.
Sakit tanpa Keterangan   = Sakit tanpa keterangan surat dokter.
Izin  = Adanya keterangan surat yang bersangkutan.
Tanpa Keterangan  = Tidak adanya keterangan apapun dari karyawan.
Tabel 1.1 menunjukkan bahwa karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia  Cabang Medan tiap bulannya ada yang tidak hadir dengan berbagai alasan.
Masalah absensi merupakan masalah yang berkaitan dengan kedisiplinan dalam  bekerja.
Keterangan  Juli  Agustus  September  Oktober  November  Desember Jlh  %  Jlh  %  Jlh  %  Jlh  %  Jlh  %  Jlh  %  Sakit Dengan  Keterangan 1 – 2 hari  3  1.90  2  1.27  2  1.27  2  1.27  2  1.27  2  1.
3 – 4 hari  2  1.27  2  1.27  2  1.27  3  1.90  2  1.27  3  1.
> 5 hari  2  1.27  3  1.90  1  0.63  2  1.27  3  1.90  3  1.
Sakit Tanpa  Keterangan 1 – 2 hari  1  0.63  2  1.27  1  0.63  2  1.27  2  1.27  2  1.
3 – 4 hari  2  1.27  1  0.63  2  1.27  2  1.27  2  1.27  1  0.
> 5 hari  1  0.63  1  0.63  2  1.27  2  1.27  0  0.00  2  1.
Izin                                   1 – 2 hari  1  0.63  2  1.27  1  0.63  1  0.63  1  0.63  3  1.
3 – 4 hari  2  1.27  1  0.63  2  1.27  2  1.27  3  1.90  3  1.
> 5 hari  2  1.27  1  0.63  3  1.90  3  1.90  3  1.90  4  2.
Tanpa  Keterangan 1 – 2 hari  1  0.
1  0.63  1  2.53  2  1.27  1  0.63  2  1.
3 – 4 hari 1  0.
2  1.27  1  2.53  2  1.27  2  1.27  4  2.
> 5 hari 2  1.
1  0.63  1  2.53  2  1.27  0  0.00  3  1.


Skripsi Manajemen:Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Karyawan Pada PT Telekomunikasi Indonesia
Download lengkap Versi PDF