Skripsi Manajemen:PENGARUH IKLAN IM3 TERHADAP BRAND AWARENESS PADA SISWA/I SMA NEGERI 2 MEDAN


BAB I PENDAHULUAN
 1.1  Latar Belakang Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, media komunikasi kini  berkembang semakin pesat. Salah satu media komunikasi yang terus berkembang dan  semakin canggih adalah telepon. Telepon adalah alat komunikasi yang memungkinkan  seseorang dapat berbicara langsung dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak yang  sangat jauh. Saat ini perkembangan telepon sudah sampai pada tingkat pemakaian telepon  tanpa kabel atau telepon seluler.
Penggunaan telepon seluler membutuhkan suatu jasa penyelenggara  telekomunikasi atau operator. Operator inilah yang nantinya menyediakan jasa dengan  sistem yang dimilikinya, sehingga penggunaan telepon seluler bisa berfungsi. Persaingan  yang semakin ketat dalam industri seluler menjadikan masing-masing operator seluler  berusaha membangun dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Dalam hal ini  perusahaan bukan saja mampu memberikan berbagai nilai atau benefit untuk membuat  pelanggan memilih merek, tetapi perusahaan juga harus terus-menerus melakukan  berbagai upaya untuk membangun merek dan memuaskan konsumennya.

Perusahaan harus benar-benar jeli membaca keinginan dan kebutuhan  sesungguhnya dari para konsumen dalam membangun loyalitas konsumen. Jangan sampai  produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan keadaan pasar. Selain keunggulan produk  yang dapat memberikan nilai tambah lain yang bisa memuaskan konsumennya,  perusahaan juga selalu memperkenalkan mereknya yaitu dengan pendekatan komunikasi  iklan.
1  Universitas Sumatera Utara Iklan merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan pesan atau memberi  informasi suatu merek kepada konsumen. Iklan dirancang untuk mengkomunikasikan  simbol-simbol dan citra yang menunjukan bagaimana merek tersebut bisa memberikan  benefit sehingga dapat menciptakan sikap positif terhadap merek tersebut, dan  mendorong konsumen untuk mencoba produk tersebut.
Iklan berfungsi untuk mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian ulang  terhadap merek yang telah menjadi pilihannya. Iklan juga dapat dipakai untuk  membangun citra jangka panjang dan mampu menjangkau calon konsumen walau  letaknya berjauhan. Dengan sebuah iklan, orang akan mempunyai sebuah kesan tertentu  tentang apa yang diiklankan. Dalam hal ini pemasar berusaha untuk menciptakan iklan  sebaik-baiknya, karena kadang-kadang konsumen membeli suatu barang tidak  memperhatikan nilai ekonomisnya namun hanya semata-mata untuk mempertahankan  atau meningkatkan gengsi.
Menurut Nielsen Media Indonesia besarnya belanja iklan televisi, koran, dan  majalah pada tahun 2010 dapat dilihat pada Tabel 1.1.
Tabel 1.
Belanja Iklan Kuartal I - 2010  Media Periklanan Tahun 2010 (dalam  Triliyun) Tahun  (dalam %) Televisi    8   Koran  4,6   Majalah    0.403     Total    13     Sumber : www.tempointeraktif.com (20 April 2010) diolah penulis Universitas Sumatera Utara Berdasarkan tabel 1.1 dapat dikatakan bahwa biaya iklan yang dikeluarkan oleh  berbagai perusahaan melalui media televisi lebih besar dibandingkan media periklanan  koran dan majalah. Hal ini membuktikan kalau media televisi merupakan media yang  paling disukai oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan produk melalui iklan.
Iklan yang ditayangkan di media TV diharapkan mendapat tempat di hati atau  disukai oleh pemirsa. Sikap pemirsa terhadap iklan dapat diteliti melalui perasaan suka  atau tidak suka terhadap elemen-elemen (stimuli-stimuli) yang ditampilkan pada iklan.
Sikap terhadap iklan bekerja melalui sebuah proses tanggapan atau reaksi pemirsa  terhadap elemen-elemen periklanan. Dari pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa  pemirsa akan merespon stimuli yang terkandung dalam suatu iklan melalui elemen iklan,  yang terdiri dari: 1.  Heard and sound effect merupakan persepsi pemirsa terhadap katakata atau suara yang terdengar pada saat iklan IM3 (MU24H itu IM3) ditayangkan di TV.
2.  Music merupakan persepsi pemirsa terhadap irama atau lagu yang  diperdengarkan pada saat iklan IM3 (MU24H itu IM3) ditayangkan di  Televisi.
3.  Seen words  merupakan persepsi pemirsa terhadap kata-kata atau  tulisan yang ditampilkan pada saat iklan IM3 (MU24H itu IM3) ditayangkan di TV.
4.  Pictures  merupakan persepsi pemirsa terhadap gambar atau obyek  yang ditampilkan pada saat iklan IM3 (MU24H itu IM3) ditayangkan  di TV.
Universitas Sumatera Utara 5.  Colours  merupakan persepsi pemirsa terhadap warna-warna dari  gambar atau obyek yang ditampilkan pada saat iklan IM3 (MU24H itu  IM3)  ditayangkan di TV.
6.  Movement merupakan persepsi pemirsa terhadap gerakan dari setiap  adegan yang ditampilkan pada saat iklan  IM3 (MU24H itu IM3) ditayangkan di TV.
Iklan yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi selular dalam  memasarkan kartu Global System Mobile (GSM)  juga mengalami persaingan  bisnis yang semakin tajam. Beberapa tahun terakhir ini banyak perusahaan  memproduksi dan memasarkan kartu GSM diantaranyaIndosat (Mentari, IM3 dan  Matrix), Telkomsel(simPATI dan kartu AS), Excelcomindo (XL, Bebas, Jempol),  3 (Three), dan Axis. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba mempengaruhi  target pasar dengan memasang iklan di berbagai media.
Indosat Multi Media Mobile (IM3) merupakan layanan selular prabayar  yang terjangkau dengan fleksibilitas isi ulang. Kartu GSM prabayar pilihan  generasi muda trendi. Menghadirkan berbagai fitur inovatif dengan nilai super  hemat menjadikan Indosat operator pertama yang meluncurkan GPRS, MMS,  Video Streaming hingga java games di seluruh Indonesia. Kini hadir dengan  layanan broadband, layanan paket data dengan kecepatan tinggi hingga 2 Mbps  dengan beragam paket pilihan sesuai kebutuhan.
IM3 telah mengeluarkan berbagai iklan produk andalannya seperti IM3  Online, IM3 meraih mimpi, IM3 Idol, IM3 Langsung On Line dan IM3 (MU24H  itu IM3). Hal ini tentu tidak terlepas dari strategi manajemen yang baik dari  Indosat. Salah satu strategi pemasaran yang cukup berpengaruh adalah periklanan.
 Masing-masing produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi  dalam hal ini penulis hanya membatasi penelitian mengenai ” IM3 (MU24H itu  IM3)”.


Download lengkap Versi PDF