Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisa Jumlah Operator Pada Bagian Pengepakan Dengam Metode Work Sampling dan Biomekanika di PT. Mutiara Mukti Farma

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pekerja yang melakukan kerja secara manual (manual material handling) yang terdiri dari mengangkat, menurunkan, mendorong, menarik dan membawa merupakan sumber utama komplain karyawan di industri . Aktivitas manual material hendling (MMH) yang tidak tepat dapat menimbulkan kerugian bahkan kecelakaan pada karyawan. Akibat yang timbul dari aktifitas manual material handling yang tidak benar salah satunya adalah keluhan muskoloskeletal.
Keluhan muskoloskeletal adalah kelelahan pada bagian-bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari yang ringan sampai yang sangat sakit.

PT. Mutiara Mukti Farma merupakan suatu perusahaan yang bergerak produksi obat, dengan jenis tablet, kapsul, sirup, dan kaplet. Pembuatan tersebut, tentu peran manusia menjadi salah satu hal yang penting untuk di pikirkan agar operator merasa nyaman di tempat kerjanya, sebagian besar pekerjaan di perusahaan ini sudah menggunakan mesin, tetapi di beberapa stasiun kerja masih menggunakan tenaga manusia seperti pada bagian pengepakan, di bagian pengepakan operator yang yang bekerja pada pengepakan bagian sirup sebanyak  orang, mulai dar mengepak bingkisan sampai memasukkan kedalam kardus kemudian dipindahkan ke troli untuk diantar kebagian gudang.
Pemindahan material secara manual apabila tidak dilakukan secara ergonomis akan menimbulkan kecelakaan dalam industri. Kecelakaan industri yang disebut sebagai Over exertion-lifting and carrying adalah kerusakan jaringan tubuh akibat beban angkat yang berlebihan Berdasarkan pengalaman beberapa parameter yang berpengaruh terhadap kegiatan mengangkat antara lain berat beban yang diangkat, perbandingan berat beban dengan orangnya, jarak horizontal terhadap pekerja, ukuran beban yang diangkat (beban yang berdimensi besar akan mempunyai jarak beban yang jauh dan bisa menggangu pandangan.

Penelitian yang dilakukan Dyah Ika Rinawati, Diana Puspitasari, Fatrin Muljadi di IKM batik Surakarta, tepatnya di Kampoeng Batik Laweyan Jenis batik yang diproduksi adalah batik cap dan batik tulis dengan sebagian besar jenis batik yang diproduksi adalah batik cap. IKM Batik Saud Effendy ini berproduksi dengan strategi make to order dan belum ada pedoman waktu produksi. Selain itu beban kerja pada setiap stasiun kerja kurang seimbang, dimana dari value stream mapping yang ada, pada stasiun pengecapan dalam penyelesaian 1 lot produksi sebanyak 120 meter menghasilkan waktu terlama dibandingkan dengan stasiun kerja lainnya, yaitu 434 menit dengan 3 orang pekerja.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisa Jumlah Operator Pada Bagian Pengepakan Dengam Metode Work Sampling dan Biomekanika di PT. Mutiara Mukti Farma
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.