Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Kinerja Supplier Bahan Baku Menggunakan Integrasi Supply Chain Operations Refrence dan Analytic Hierarchy Process PT. Asia Raya Foundry

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Manajemen rantai pasok (Supply Chain Management) pada sebuah pabrik produksi merupakan suatu terobosan rangkaian proses dan aliran produk yang saling terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan baku. Pada suatu supply chain ada 3 macam aliran yang harus dikelola. Pertama adalah aliran barang yang mengalir dari hulu (upstream) ke hilir (downstream). Kedua adalah aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu. Ketiga adalah aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir ataupun sebaliknya (Nyoman Pujawan, 2005). Kinerja dari supplier sangat menentukan apakah proses produksi dapat berjalan dengan baik dan efisien.

PT. Asia Raya Foundry merupakan sebuah perusahan manufaktur yang bergerak di bidang produksi spare part mesin pabrik pengolahan hasil perkebunan dan alat berat. Proses pengecoran logam sangat dipengaruhi oleh ketersediaan bahan baku langsung (direct material ) serta bahan baku tidak langsung (indirect material). Masalah yang dihadapi oleh pabrik adalah sulitnya mendapatkan pasokan bahan baku langsung dengan tepat waktu, tepat jumlah dan memenuhi kualitas yang ditetapkan perusahaan sehingga mengakibatkan terganggunya penyelesaian produk jadi. Pasokan bahan baku langsung yang dibutuhkan yaitu besi scrap. PT Asia Raya Foundry telah memiliki tiga supplier tetap yang memasok bahan baku langsung yakni CV. Abadi Jaya (S1), CV. Jaya Bersama (S2), dan CV. Iswadi (S3). Dari hasil pengamatan awal terlihat adanya indikasi terjadinya kendala pada supply bahan baku langsung dari supplier seperti diuraikan pada Tabel 1.1.
Selama ini proses pengadaan bahan baku langsung tersebut dilakukan oleh tiga supplier yang bekerjasama dengan PT. Asia Raya Foundry secara kontinu dengan harga beli bahan baku Rp 3.800/kg. Perusahaan didalam melakukan produksi perlu mendapatkan pasokan bahan baku langsung yang lancar sehingga kinerja para pemasok perlu dinilai. Keberlanjutan kerjasama berikutnya sangat tergantung dengan penilaian kinerja supplier selama ini, hanya saja sistem penilaian yang dilakukan oleh pihak pabrik masih secara subjektif dan dalam bentuk kualitatif saja sehingga manajemen perusahaan tidak dapat menentukan supplier yang benar-benar memiliki kinerja terbaik dan dapat dipertahankan sebagai rekanan yang mendukung proses produksi di pabrik. Hal ini harus dianalisis menggunakan penelitian ilmiah sehingga perusahaan mengetahui secara kuantitaif bagaimana kinerja supplier perusahaan.
Metode yang dapat diaplikasikan dalam menilai kinerja supplier antara lain menggunakan metode Supply Chain Operation Refrence (John Paul, 2014).
Metode ini digunakan dengan melihat 3 proses inti kinerja eksternal supply chain.

Kinerja supplier bahan baku utama kemudian akan dinilai bobotnya menggunakan Analytical Hierarchy Process. Penilaian ini tidak hanya dilakukan terhadap satu faktor saja namun dilakukan penilaian lain yang mendukung untuk melakukan evaluasi pemasok berdasarkan teori Supply Chain Management.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Kinerja Supplier Bahan Baku Menggunakan Integrasi Supply Chain Operations Refrence dan Analytic Hierarchy Process PT. Asia Raya Foundry
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.