Contoh Skripsi Elektrical Engineering:Studi Pengaruh Arus Inrush dan Arus Hubung Singkat terhadap Pengaman Transformator



BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Pengoperasian transformator yang handal sangat diperlukan dalam sistem  tenaga listrik. Dimana transformator dilengkapi dengan pengaman    pengaman  sesuai dengan kebutuhan. Untuk Transformator Daya (mempunyai kapasitas besar),  sistem pengamannya lebih kompleks dibandingkan Transformator Distribusi dengan  daya yang kecil. Pengaman Trafo Daya menggunakan relay seperti differensial, arus  lebih, REF dan sebagainya. Akan tetapi pengaman pada Transformator Distribusi  cukup dengan fuse (pelebur) dilengkapi dengan Lighting Arester untuk melindungi  terhadap sambaran petir. Dalam Tugas Akhir ini dibahas pengaman pada  transformator tiang distribusi pada PT. PLN (Rayon  kota) dengan kapasitas  400 kVA. Dalam hal ini fuse (pelebur) digunakan sebagai pengamannya.

Bila transformator pertama kali diberi energi akan timbul arus inrush  magnetisasi. Arus ini mempunyai nilai yang sangat besar yaitu 8 sampai 30 kali arus  nominal. Besar arus inruh ini dipengaruhi oleh ukuran inti dari transformator dan  level fluksi yang sudah ada pada inti. Dengan melihat perbandingan arus inrush  terhadap arus nominal dimana nilainya sudah dapat menimbulkan pengaman bekerja  akan tetapi ketahanan pengaman (dalam waktu yang sangat singkat) atau tundaan  waktu kerjanya mengakibatkan pengaman tidak bekerja.
Universitas Sumatera Utara Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai perhitungan besar arus inrush agar  dapat dibandingkan dengan arus nominalnya. Perkiraan lama waktu terjadinya arus  inrush juga dibahas pada Tugas Akhir ini. Nilainya juga dibandingkan dengan rating  fuse yang digunakan.
Gangguan pada sistem tenaga listrik juga sangat sering terjadi. Gangguan  tersebut dapat berupa gangguan 1 fasa ke tanah (70%), antar fasa – fasa (15%), 2  fasake tanah (10%) dan gangguan 3 fasa.(5%). Meskipun paling jarang terjadi  biasanya gangguan yang mempunyai arus terbesar adalah gangguan 3 fasa. Untuk itu  yang dibahas dalam perhitungan dalam Tugas Akhir saya ini adalah besar nilai  hubung singkat 3 fasa ke  tanah. Adapun analisa perhitungannya dengan  menggunakan metode thevenin. Gangguan tiga phasa yang dianalisa adalah di sisi  primer dan sekunder trafo distribusi 400 KVA.
Dalam Tugas Akhir ini perhitungan dilakukan dengan manual. Nilai arus  hubung singkat ini juga nantinya dapat dibandingkan terhadap arus nominal dan arus  inrush.


Contoh Skripsi Elektrical Engineering:Studi Pengaruh Arus Inrush dan Arus Hubung Singkat terhadap Pengaman Transformator
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.