Contoh Skripsi Bidan Pendidik:Perilaku Ibu Post Partum Dalam Merawat Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Bidan Pendidik:Perilaku Ibu Post Partum Dalam Merawat Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir

BAB  1
PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang
Ketika bayi lahir, kondisi bayi masih lemah sehinggga butuh perhatian dan penjagaan yang serius. Semua anggota tubuh bayi masih rawan, tetapi yang paling rawan adalah bagian kepala, terutama ubun-ubun dan tali pusat bayi (Irawan, 2011) Tali pusat atau funiculus umbiliclis adalah saluran kehidupan bagi janin selama didalam kandungan. Tali pusat memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Melalui tali pusat inilah makanan, oksigen, serta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi disalurkan dari peredaran darah sang ibu (Riksani, 2012).

Saat bayi lahir, tali pusat yang melekat diperut bayi akan disisakan beberapa sentimeter. Sisanya ini akan dibiarkan hingga pelan-pelan menyt dan mengering, lalu terlepas atau puput pada 6-7 hari setelah kelahiran. Selama belum lepas, tali pusat harus dirawat dengan baik. Jika tidak, maka tali pusat akan mengalami infeksi, basah, bernanah, dan berbau. Keadaan ini jelas membahayakan bagi bayi (irwan, 2011).
Selain karena tubuh bayi terlihat masih begitu lemas, adanya tali pusat yang masih menempel di badan bayi, juga menjadi salah satu alasan bagi para ibu, terutama wanita yang baru pertama melahirkan merasa risih, takut, khawatir tali pusatnya akan terlepas, tidak leluasa terutama ketika memandikan atau memakaikan pakaian, dan ketakutan lainnya sehingga membuat ibu atau keluarga tidak leluasa untuk bersentuhan dengan bayinya (Riksani, 2011).
Perawatan tali pusat secara intensif diperkenalkan pada tahun 1950-an hingga 1960-an ketika angka infeksi pada proses kebidanan sedang sangat tinggi. Namun  disejumlah negara berkembang masih sering dijumpai kasus-kasus infeksi tali pusat walaupun antiseptik jenis baru telah diperkenalkan. Selain infeksi, perdarahan pada tali pusat juga dapat berakibat fatal (Irawan, 2011).

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka kesakitan (morbilitas) dan angka kematian (mortalitas) adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan yang efektif pada masyarakat tentang perawatan tali pusat bayi, dalam melaksanakan upaya tersebut diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan yang berkwalitas yaitu dengan memberikan penyuluhan tentang kesehatan kepada masyarakat sehingga pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat diharapkan dapat mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap kesehatan (Wayanon,2010).

Contoh Skripsi Bidan Pendidik:Perilaku Ibu Post Partum Dalam Merawat Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.