Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Waktu Vulkanisasi Pada Pembuatan Produk Film Lateks Karet Alam Berpengisi Selulosa Mikrokristalin dari Tepung Kulit Singkong Dengan Penambahan Penyerasi Alkanolamida

BAB I
 PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dewasa ini, Produk lateks karet alam seperti sarung tangan, selang, ban dan alat-alat instrumen listrik telah banyak membantu dalam kehidupan sehari-hari dan juga karena sifat fleksibilitas dan elastisitasnya yang sangat baik dibandingkan bahan polimer yang lain [1]. Lateks karet alam adalah polimer alam dari isoprena, biasanya cis-1,4-poliisoprena. Lateks karet alam memiliki sifat yang baik seperti, kemampuan pembentukan film, elastisitas dan kelenturannya. Lateks karet alam biasanya diperkuat dengan berbagai pengisi yang berbeda yang memiliki perbedaan ukuran partikel dan energi permukaan untuk meningkatan sifat kekuatan mekaniknya untuk di aplikasikan sebagai sarung tangan, selang, tapak ban, alat-alat medik dan alat-alat listrik [2-4].

Pembuatan komposit lateks karet alam berpengisi selulosa sebagai penganti karbon hitam dan silika telah banyak menarik perhatian karena sifat spesifik yang dimilikinya, seperti kelimpahannya, biaya yang rendah, dapat diperbaharui dan bersifat biodegradasi [4].
Komposit lateks karet alam dibuat dengan menggunakan lateks karet alam sebagai matriks dan penambahan pengisi anorganik ataupun organik. Beberapa pengisi organik yang digunakan dalam produk lateks karet alam antara lain protein kedelai [3], kitosan [2], keratin [5], Selulosa Mikrokristalin dari kapas [6] dan nanokristalin selulosa dari jerami padi [7]. Pengisi anorganik yang juga digunakan dalam produk lateks karet alam antara lain kalsium bentonit [8], silika [9], dan oksida grafena [10]. Adapun penambahan dari bahan pengisi tersebut akan menghasilkan bahan dengan kekuatan mekanik yang baik, bersifat biokompatibilitas, dan meningkatkan laju degradasi pada produk lateks karet alam [2,4,6].

Selama ini limbah kulit singkong dari industri masih dibuang begitu saja sebagai sampah, untuk waktu jangka panjang limbah tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan pengolahan limbah kulit singkong menjadi Selulosa Mikrokristalin. Penelitian mengenai pemanfaatan limbah kulit singkong telah pernah dilakukan seperti pembuatan karbon Universitas Sumatera Utara aktif dari limbah kulit singkong [11]. Kandungan selulosa dalam limbah kulit singkong mencapai 37,9%, sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk mensintesa Selulosa Mikrokristalin yang dapat digunakan sebagai pengisi organik [12].

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Waktu Vulkanisasi Pada Pembuatan Produk Film Lateks Karet Alam Berpengisi Selulosa Mikrokristalin dari Tepung Kulit Singkong Dengan Penambahan Penyerasi Alkanolamida
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.