Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Kadar Kalium Abu Kulit Buah Kelapa dalam Mengkatalisis Reaksi Transesterifikasi Crude Palm Oil (CPO) Menjadi Metil Ester

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Peningkatan CPO di Indonesia dari tahun 2008 hingga pada tahun  yang sangat signifikan bahkan hingga tahun ini 2013 Indonesia tetap menjadi negara produsen terbesar minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dunia dengan hasil sebanyak 28 juta metrik ton. Menurut Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), produksi palm oil di Indonesia hampir 50 persen dari total produksi dunia tahun ini yang diprediksi sebanyak 54,527 juta metrik ton [1].
Akan tetapi, sebagian besar Crude Palm Oil (CPO) masih diekspor padahal secara teknis, CPO dapat diolah menjadi berbagai jenis produk hilir baik pangan maupun oleokimia yang mempunyai nilai tambah yang tinggi seperti metil ester yang dapat dijadikan sebagai baku produk kosmetik, obat-obatan, pestisida, sumber bahan bakar alternatif untuk menggantikan peran minyak bumi dan bahan untuk memproduksi alkanolamida yang digunakan langsung sebagai surfaktan non ionik, emulsifier, pengental dan bahan pembantu dalam pembuatan sifat plastis.

Transesterifikasi merupakan salah satu proses yang dapat digunakan untuk mereaksikan trigliserida minyak baik nabati maupun hewani dengan alkohol dan asam kuat atau basa kuat sebagai katalis untuk menghasilkan metil ester tersebut [2]. Reaksi transesterifikasi ini menggunakan katalis asam seperti H2SO4, HCl atau katalis basa seperti NaOH, KOH, K2CO3 dan lain-lain untuk mempercepat terbentuknya produk juga untuk menurunkan energi aktivasi dan pemberian reaktan yang berlebihan agar reaksi bergeser ke arah kanan [3].
Penggunaan katalis basa konvensional seperti NaOH, KOH dan K2CO3 ini telah banyak dipublikasikan namun masih sedikit literatur yang mengkaji pemanfaatan abu kulit buah kelapa sebagai substitusi katalis konvensional tersebut. Melihat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki  banyak pohon kelapa sehingga buah kelapa yang dihasilkan cukup menjanjikan.
Akan tetapi, kulit buah kelapa merupakan bagian kelapa yang belum di manfaatkan secara maksimal karena selama ini dalam rumah tangga hanya mengambil santan buah kelapa saja sehingga biasanya kulit buah kelapa tersebut di buang atau terkadang di gunakan sebagai alat bakar. Abu yang diperoleh dari pembakaran kulit buah kelapa memiliki senyawa utama kadar ion kalium (K+) dan ion karbonat (CO3-2) yang tinggi masing-masing 40 dan 27,7 % berat [4]. Bila abu ini di larutkan dalam air akan di peroleh larutan alkalis [5]. 

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Kadar Kalium Abu Kulit Buah Kelapa dalam Mengkatalisis Reaksi Transesterifikasi Crude Palm Oil (CPO) Menjadi Metil Ester
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.