Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Kesehatan Keuangan Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Sebagai suatu bentuk organisasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa peningkatan kesejahteraan, peningkatan keamanan, peningkatan mutu pendidikan serta peningkatan mutu kesehatan dan lain-lain, entitas pemerintah merupakan sebuah organisasi yang orientasi utamanya tidak untuk mencari keuntungan (laba). Jika dibandingkan dengan organisasi nirlaba lainnya, entitas pemerintah memiliki karakteristik khs yang menjadikan entitas ini lebih terkesan merupakan suatu lembaga politik daripada lembaga ekonomi.

Akan tetapi, adanya karakteristik tersebut tidak berarti bahwa entitas pemerintah tidak memerlukan lembaga ekonomi. Sebagaimana organisasi nirlaba lainnya, entitas pemerintah juga memerlukan sebuah lembaga ekonomi untuk mengatur perekonomian pemerintah, termasuk pengaturan mengenai pendapatan pemerintah yang berasal dari pajak, retribusi, ekspor-impor, dan lain-lain, serta pengaturan mengenai pengeluaran pemerintah dalam membiayai belanja negara serta kegiatan operasional pemerintah guna mendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat.
Entitas pemerintah terdiri atas pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pada masa pemerintahan orde baru, pemerintah pusat melakukan seluruh pengaturan  ekonomi negara, dimana pemerintah pusat menyokong sepenuhnya dana yang dibutuhkan daerah dalam rangka membiayai seluruh kegiatan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di daerah. Oleh sebab itu, pemerintah daerah tidak perlu berupaya untuk mendapatkan penghasilan guna membiayai seluruh kegiatan dan operasionalnya.
Namun, terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada awal tahun 1996 hingga tahun 1997 menyadarkan pemerintah serta masyarakat akan kebutuhan reformasi total pada sistem pemerintahan yang ada di negara ini. Salah satu pelaksanaan reformasi pemerintah adalah diberlakukannya otonomi daerah.

Pemberlakuan otonomi daerah tersebut disebabkan oleh ketidakmerataan pembangunan yang berjalan selama ini sehingga menyebabkan ketimpangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain itu, campur tangan penuh pemerintah pusat di masa lalu menyebabkan terhambatnya kreativitas serta upaya pengembangan potensi masing-masing daerah. Pemberlakuan otonomi daerah diarahkan untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat serta pembangunan daerah melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah, serta untuk memudahkan masyarakat untuk mengawasi penggunaan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD). Pelaksanaan otonomi daerah diharapkan mampu menciptakan persaingan yang sehat antar daerah dan mendorong peningkatan inovasi daerah untuk mengeksplorasi kekayaan daerah yang  dimilikinya, sehingga hasil dari eksplorasi tersebut mampu menjadi pendapatan daerah yang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan atas kegiatan-kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Kesehatan Keuangan Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.