Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Kedokteran:Karakteristik Penderita Retinoblastoma

 BAB  1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Retinoblastoma (RB) adalah suatu penyakit keganasan pada lapisan retina mata, yaitu bagian mata yang paling peka terhadap cahaya. Penyakit RB dapat menyerang segala usia, tetapi umumnya menyerang anak dengan usia di bawah  tahun (Radhakrishnan, V., dkk., AAO 2012). Penyakit RB umumnya merupakan penyakit kanker anak dan menempati urutan ketiga terbanyak di dunia setelah kanker darah (leukemia) dan kanker otak (Kaiser, dkk., 2014).

Masalah kesehatan mata secara global lebih banyak terpusat pada pencegahan dan penatalaksanaan yang tepat. World Health Organization (WHO) sejak tahun  Februari 1999 sudah mulai untuk menggalakkan program “The Right to Sight” untuk memberantas kebutaan pada anak dengan harapan pada tahun 2020 angka kebutaan anak menurun. Penyakit RB merupakan salah satu masalah kesehatan mata anak yang dapat jatuh pada kebutaan jika tidak didiagnosis secara dini. Di negara berkembang, terdapat tingkat pendidikan dan kondisi sosioekonomi yang rendah, serta kurang memadainya sarana kesehatan. Hal ini mengakibatkan tertundanya diagnosis dan penatalaksanaan RB yang optimal. Di negara maju, perawatan RB agar tidak jatuh ke dalam kondisi yang lebih buruk, merupakan prioritas utama (Rodriguez-Galindo, dkk., 2010).
Insidensi RB di dunia sebanyak 1 dalam 15.000-20.000 per angka kelahiran.
Kanker ini menyerang secara unilateral dengan rata-rata umur saat didiagnosis adalah dua tahun, dalam 60% kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15% terkait masalah keturunan. Sedangkan pada 40% kasus, RB menyerang secara bilateral dengan rata-rata umur saat didiagnosis adalah satu tahun (Aerts, dkk., 2006). Sekitar  250-350 kasus baru RB di Amerika terdiagonosis setiap tahunnya, dimana sekitar 90% kasus muncul pada usia dibawah 5 tahun. Anak laki-laki dan perempuan dapat terkena tanpa dipengaruhi jenis kelamin (Kaiser, dkk., 2014).

Di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, dan Australia, RB dijumpai sebanyak 2-4%, sementara di negara berkembang RB dijumpai sebanyak 3%.

Contoh Skripsi Kedokteran:Karakteristik Penderita Retinoblastoma 
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.