Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Nilai CURB-65 Dengan Mortalitas Pada Pasien Pneumonia Komunitas

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penyakit infeksi saluran pernafasan bawah masih tetap menjadi masalah utama dalam bidang kesehatan, baik di negara berkembang maupun negara maju.
 Pneumonia merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan bawah yang masih menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 429.2 juta angka kesakitan dan 94.5 juta kecacatan akibat penyakit infeksi saluran pernafasan bawah. Pneumonia komunitas (PK) merupakan jenis pneumonia yang bersama dengan Influenza menjadi penyebab ke-8 kematian di Amerika serikat dan merupakan penyakit infeksi yang sering menyebabkan kematian di negara berkembang (Brown et al., 2012).
Menurut hasil survey kesehatan rumah tangga Depkes, penyakit infeksi saluran pernafasan bawah menempati urutan ke- sebagai penyebab kematian di Indonesia serta menduduki peringkat keempat dari sepuluh penyakit terbanyak yang dirawat per tahun. (PDPI, 2003) Upaya dalam pencegahan, penegakan diagnosis, dan terapi dalam penanggulan PK terus berkembang, namun angka kesakitan dan kematian akibat PK tetap tinggi (Broulette et al., 2013). Angka kejadian mortalitas PK pada orang dewasa bervariasi (4-21%) yang dilaporkan dari tempat rawatan yang berbeda, dimana angka mortalitas meningkat pada pasien yang menjalani rawat inap dan mencapai 50% pada pasien di unit perawatan intensif / ICU (Moghaddam et al., 2013). Kondisi ini tidak hanya berdampak terhadap pasien, tetapi juga pada sistem kesehatan terkait dengan peningkatan biaya kesehatan baik untuk mendiagnosis maupun penatalaksanaan pasien. Hal tersebut mendasari pentingnya keputusan dokter di pelayanan kesehatan primer maupun sekunder dalam membuat keputusan klinis seperti menentukan tempat awal perawatan (rawat jalan, rawat inap, atau perawatan intensif / ICU), intensitas perawatan (kebutuhan terapi intravena dan derajat monitoring jika rawat inap), serta rencana pengobatan.
 Universitas Sumatera UtaraBerbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkan angka mortalitas PK. Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah dengan menilai derajat penyakit pasien saat awal masuk segera setelah didiagnosis PK. Penilaian awal saat pasien masuk sangat penting dalam menentukan prognosis pasien. Dokter sering menilai resiko mortalitas PK yang berlebihan, sehingga menyebabkan pasien rawat inap yang sebenarnya tidak perlu, dan pada pasien lain, gagal menyadari kegawatan penyakit pada penilaian awal (Rahmawati et al., 2013). Penilaian klinis rutin terhadap derajat penyakit yang dilakukan secara subjektif saat awal masuk dapat menghasilkan terapi yang tidak tepat (under-estimate atau over-estimate) sehingga memberikan prognosis yang buruk terhadap pasien.

 Pentingnya penilaian awal pasien PK menyebabkan dikembangkannya sistem penilaian prognostik pada pasien PK. Berbaga prediktor telah dikembangkan dan diuji di berbagai negara. PSI (Pneumonia Severity Index) dan CURB- (Confusion, Urea, Respiratory rate, Blood pressure, Age > 65 years) merupakan prediktor yang telah divalidasi dan dikenal luas dalam menentukan derajat penyakit PK. Kedua prediktor tersebut bertujuan untuk menstratifikasi pasien PK berdasarkan derajat penyakit yang didapat secara skoring melalui beberapa variabel klinis dan dihubungkan dengan tingkat resiko mortalitas selama 30 hari serta menentukan tempat rawatan pada pasien.

Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Nilai CURB-65 Dengan Mortalitas Pada Pasien Pneumonia Komunitas
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.