Contoh Skripsi agribusiness:Studi Kelayakan Pengembangan Packing House Komoditi Hortikultura | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi agribusiness:Studi Kelayakan Pengembangan Packing House Komoditi Hortikultura

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Hortikultura merupakan salah satu sub sektor dalam sektor pertanian yang berpotensi untuk dikembangkan karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Indonesia memiliki aneka produk hortikultura, dengan ragam plasma nutfah dan varietas yang memungkinkan bagi upaya pengembangan buah, sayuran dan bunga. Namun hasil tanaman hortikultura mempunyai sifat khs antara lain: 1) Mudah atau cepat bk (perishable), tetapi selalu dibutuhkan setiap hari dalam keadaan segar. Sejak panen sampai pasar memerlukan penanganan secara cermat dan efisien karena akan mempengaruhi kualitas dan harga pasar.

 2) Memiliki nilai estetika, jadi harus memenuhi keinginan masyarakat umum.
 Keadaan ini sangat sulit karena tergantung pada cuaca, serangan hama dan penyakit, namun dengan biaya tambahan kesulitan itu dapat diatasi.
 3) Produksi umumnya musiman, beberapa diantaranya tidak tersedia sepanjang tahun.
 4) Memerlukan volume (volumenous) yang besar, menyebabkan ongkos angkut menjadi besar pula dan harga pasar menjadi tinggi.
 5) Memiliki daerah penanaman (geografi) yang sangat spesifik atau menuntut agroklimat tertentu (Deptan, 2010).
 Komoditas hortikultura merupakan komoditas yang sangat penting dan strategis karena jenis komoditas ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang hakiki,artinya setiap saat selalu harus tersedia dalam jumlah cukup dengan mutu/ kualitas yang layak, aman dikonsumsi, dan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Pasar di Indonesia sangat besar, dan dari tahun ke tahun menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat sejalan dengan peningkatan laju pertumbuhan penduduk Indonesia (Ditjen Hortikultura, 2010).

 Produk hortikultura di Sumatera Utara tumbuh subur. Komoditas hortikultura, seperti sayur, buah, tanaman hias, dan tanaman obat banyak diusahakan yang hasilnya selain memenenuhi kebutuhan lokal juga di ekspor ke luar negeri (BPS, 2012). Tingginya permintaan produk hortikultura oleh konsumen, akan dapat meningkatkan gairah petani untuk meningkatkan produksi. Di pihak lain juga dapat memacu peningkatkan produksi ditinjau dari sudut kualitas agar memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Oleh karena itu, hortikultura merupakan komoditas yang sangat berpeluang dan prospektif untuk dikembangkan dengan pendekatan agribisnis.

Contoh Skripsi agribusiness:Studi Kelayakan Pengembangan Packing House Komoditi Hortikultura 
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.