Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Redesain Meja dan Kursi Kelas Berdasarkan Antropometri Siswa SD

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perabot kelas merupakan fasilitas fisik yang penting karena aktivitas belajar siswa banyak dihabiskan di dalam kelas seperti membaca, menggambar, menulis dan kegiatan lainnya. Sekolah harus menyediakan perabot kelas yang dapat memenuhi kebutuhan siswa karena jika digunakan perabot kelas yang memiliki rancangan tidak baik dalam jangka waktu lama dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan siswa.

Data antropometri adalah kumpulan dimensi tubuh manusia yang digunakan untuk menentukan dimensi fisik tempat kerja, peralatan, perabot, dan pakaian. Pengukuran antropometri merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam perancangan perabot kelas guna menentukan dimensi perabot kelas yang tepat dan dapat memfasilitasi pengguna dengan sikap duduk yang baik. Pheasant (2003) mengemukakan bahwa fungsi dari perabot kursi adalah untuk menunjang postur agar stabil dan nyaman digunakan pada beberapa waktu, dan sesuai dengan aktivitas atau tugas yang akan dikerjakan.

Penerapan ilmu ergonomi dalam merancang tempat kerja dan lingkungan kerja banyak menarik perhatian para peneliti beberapa dekade ini, seperti penelitian yang dilakukan oleh Shivarti (2012) dengan judul “Design Compability of Classroom Furniture in Urban and Rural Preschools” menemukan adanya ketidaksesuaian tinggi kursi, kedalaman kursi, dan tinggi meja yang ada di sekolah terhadap dimensi antropometri siswa seperti tinggi popliteal, panjang popliteal, dan tinggi siku duduk. Tinggi kursi yang disediakan di sekolah 11, sampai 11,37 inci lebih tinggi dibandingkan dengan tinggi popliteal siswa sehingga menyebabkan bagian bawah paha tertekan dan mengganggu sirkulasi darah. Sirkulasi darah berfungsi dalam menyalurkan oksigen dan jika terganggu, bagian paha akan merasakan gejala kram. Kedalaman kursi sekolah dibandingkan dengan panjang popliteal lebih kecil 3,67 inci sampai 6,35 inci yang menyebabkan siswa merasa sensasi akan jatuh dari kursi. Tinggi meja sekolah dibandingkan dengan tinggi siku duduk siswa 9,05 inci terlalu tinggi yang menyebabkan siswa harus membungkuk ke depan dan berat tubuh ditopang lengan. Ukuran fasilitas yang mendukung postur tubuh lebih diperlukan bagi anak-anak dibandingkan orang dewasa karena pada masa inilah kebiasaan sikap duduk dibentuk.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Redesain Meja dan Kursi Kelas Berdasarkan Antropometri Siswa SD
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.