Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Massa Ragi dan Waktu Fermentasi terhadap Bioetanol dari Biji Durian | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Massa Ragi dan Waktu Fermentasi terhadap Bioetanol dari Biji Durian

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Ketersediaan energi merupakan syarat mutlak khsnya dalam pelaksanaan pembangunan nasional baik pada saat ini maupun masa yang akan datang, guna menjamin pemenuhan pasokan energi yang merupakan tantangan utama bagi bangsa Indonesia. Kebutuhan energi umumnya didominasi oleh energi fosil seperti minyak bumi, gas bumi dan batu bara. Sumber energi fosil ini merupakan sumber energi yang terbatas yang memerlukan antisipasi untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi tersebut [26].

Sudah saatnya Indonesia mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dengan mengembangkan sumber energi alternatif terbarukan. Bioenergi (biofuel) dirasa cocok untuk mengatasi masalah energi karena beberapa kelebihannya. Kelebihan bioenergi, selain bisa diperbarui, adalah bersifat ramah lingkungan, dapat terurai, mampu mengeliminasi efek rumah kaca dan kontinuitas bahan bakunya terjamin [12].
Salah satu alternatif pengganti bahan bakar fosil adalah dengan bioenergi seperti bioetanol. Bioetanol adalah bahan bakar nabati yang tak pernah habis selama mentari masih memancarkan sinarnya, air tersedia, oksigen berlimpah dan kita mau melakukan budidaya pertanian. Sumber bioetanol dapat berupa singkong, ubi jalar, tebu, jagung, sorgum biji, sorgum manis, sagu, aren, nipah, lontar, kelapa dan padi [18].
Sebagai bahan pensubsidi motor bensin, bioetanol dapat diaplikasikan dalam bentuk bauran dengan minyak bensin , misalnya gasohol E10 atau E100 sebagai bahan bakar. Penggunaan E100 membutuhkan modifikasi mesin mobil. Brasil telah sukses mengembangkan bioetanol sebagai bahan bakar alternatif pensubsidi bensin.

Bioetanol merupakan etanol yang terbuat dari tanaman yang mengandung pati, gula dan tanaman berselulosa lainnya. Indonesia sangat kaya akan bahan mentah untuk memproduksi bioetanol. Indonesia memiliki banyak tanaman yang berpotensi menghasilkan nira bergula, tanaman berpati, ataupun tanaman berselulosa [12].

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Massa Ragi dan Waktu Fermentasi terhadap Bioetanol dari Biji Durian
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.