Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Kedokteran:Karakteristik Penderita Gagal Ginjal yang Menjalani Hemodialisis

Bab  1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Ginjal adalah sepasang organ vital yang melakukan berbagai fungsi untuk menjaga darah tetap bersih dan seimbang secara kimiawi. Setiap hari, ginjal memproses sekitar 200 liter darah untuk menyaring sekitar 2 liter produk limbah dan air tambahan. Limbah dan air menjadi tambahan urine. Apabila ginjal tidak mampu berfungsi, itulah dikatakan gagal ginjal(Besteda,2012).
 Masalah kesehatan yang serius terjadi ketika seseorang memiliki kurang dari 25 persen dari fungsi ginjal mereka. Ketika fungsi ginjal turun di bawah  sampai 15 persen, seseorang perlu beberapa bentuk penggantian terapi-baik pembersihan darah yang disebut dialisis atau transplantasi-ginjal untuk menjalani kehidupan yang baik (John E.Hall,2011).

 Gagal ginjal dibagi menjadi dua bagian besar yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Pada gagal ginjal akut terjadi penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu dan ditandai dengan hasil pemeriksaan fungsi ginjal (ureum dan kreatinin darah) dan kadar urea nitrogen dalam darah yang meningkat. Sedangkan pada gagal ginjal kronis, penurunan fungsi ginjal terjadi secara perlahan-lahan dan melebihi  bulan. Proses penurunan fungsi ginjal dapat berlangsung terus selama berbulanbulan atau bertahun-tahun sampai ginjal tidak dapat berfungsi sama sekali (end stage renal disease) (John E.Hall,2011).
 Dua penyebab utama penyakit ginjal kronis adalah diabetes dan tekanan darah tinggi, yang bertanggung jawab untuk hingga dua-pertiga kasus. Diabetes terjadi ketika gula darah terlalu tinggi, menyebabkan kerusakan pada banyak organ dalam tubuh, termasuk ginjal dan jantung, serta pembuluh darah, saraf dan mata.
 Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah terhadap dinding pembuluh darah meningkat. Jika tidak dikontrol, atau kurang terkontrol, tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal kronis. Juga, penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi( National Kidney Foundation).

 Faktor resiko bagi penderita gagal ginjal kronik menurut buku Harrison adalah tekanan darah tinggi, diabetes, memiliki riwayat keluarga dan usia tua (Brenda B.Hoffman,2009). Gagal ginjal kronik dapat dibagikan kepada lima tahapan dan bagi penderita tahapan kelima dan fungsi ginjalnya kurang dari 10%-15% maka penderita tersebut harus menjalani hemodialisis atau transplantasi ginjal(Joanne M.Bargman,2013).

Contoh Skripsi Kedokteran:Karakteristik Penderita Gagal Ginjal yang Menjalani Hemodialisis
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.